Kunjungan Wamen Pertanian, Ibnu : 2700 Hektar Pertanian di Banjarmasin Dimaksimalkan

hallobanua.com, BANJARMASIN  - Ribuan hektare lahan pertanian di Kota Banjarmasin bakal dimaksimalkan pemerintah pusat. 

Hal itu disampaikan Wakil Menteri (Wamen) Pertanian RI, Harvick Hasnul Qolbi beserta rombongan, disela kunjungan ke Banjarmasin., Senin petang kemarin (24/10/2022) 

Rombongan Wamen Pertanian RI disambut langsung Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina di Rumah Anno, Siring Tendean, Kecamatan Banjarmasin Tengah, pada Senin (24/10/22) kemarin. 

Dalam kesempatan itu, Ibnu Sina menyampaikan ucapan terima kasih atas kesediaan Wamen Pertanian yang datang ke Kota Seribu Sungai. 

Bukan tanpa alasan, menurutnya hal itu sebagai bentuk perhatian Pemerintah Pusat terhadap perkembangan yang terjadi di daerah. 

"Kami sangat senang sekali dengan kehadiran beliau, Mudah-mudahan dengan kehadiran beliau bisa berbagi untuk pembangunan pertanian di Kota Banjarmasin," ucap Ibnu Sina. 

Ia mengungkapkan, Kota Banjarmasin sejatinya merupakan Kota Dagang dan Jasa. 

Meski demikian, Kota Banjarmasin tetap mempunyai lahan untuk pertanian yakni 2700 Hektar 

"Di Kota Banjarmasin masih ada lahan pertanian sebanyak 2700 hektar dan memang itu sebagian besar ada di Kecamatan Banjarmasin Selatan," bebernya. 

"Oleh karena itu, tadi saya jelaskan bahwa Kota Banjarmasin bukanlah penghasil yang banyak untuk komoditas pertanian tetapi Kota Banjarmasin ini adalah kota dagang dan jasa. Jadi, hampir semua komoditas pertanian dipasarkan di Banjarmasin," pungkasnya. 

Sementara itu, Harvick Hasnul Qalbi menegaskan, tujuan utama kedatangannya adalah untuk memastikan apakah wilayah Kota Banjarmasin masih mempunyai lahan untuk pertanian. 

Tak hanya itu, kedatngan pihaknya  kata dia sekaligus menjalin dialog dalam meningkatkan kualitas pertanian nasional. 

"Dalam kaitan ini kami beserta rombongan datang supaya adanya komunikasi yang baik antara Pemerintah Pusat dan Daerah, untuk mencapai daerah-daerah di Kabupaten, Kota dan Provinsi untuk bisa maksimal dalam pertumbuhan ekonomi kedepan," ujarnya. 

"Walaupun kita tahu di Banjarmasin ini 2700 Hektare lahan pertanian karena ini memang sudah kota. Artinya sektor Of Farm pun juga bisa digiatkan di Banjarmasin ini bukan hanya saja On Farm yang cenderung  bagaimana memanfaatkan hasil-hasil pertanian untuk menjadi produk siap saji artinya hilirisasi," tuntas Harvick. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya