Malam Taaruf MTQ Nasional, di Banjarmasin Dimeriahkan Perahu Hias dan Jukung Acil Pasar Terapung

hallobanua.com, BANJARMASIN- Gelaran malam Taaruf dalam rangka memeriahkan pelaksanaan MTQ ke XXIX tahun 2022 di Kota Banjarmasin berlangsung meriah,  Selasa malam (11/10/2022). 

Dari pantauan, ribuan lebih warga menyaksikan belasan perahu hias yang dilengkapi lampion berlalu lalang di Sungai Martapura. 

Keindahan makin nampak saat kelotok hilir mudik melewati kawasan Menara pandang yang semakin indah dengan lampu-lampu yang menyala. 

Tak hanya itu, puluhan acil pedagang pasar terapung pun ikut memeriahkan event nasional yang memang sudah ditunggu Provinsi  Kalsel kurang lebih 52 tahun itu. 

"Ini baru pertama kali kita lihat ada perahu dihiasi dan berlayar. Saya cukup antusias dan sangat berkesan," ungkap Syafaruddin, salah satu pendamping peserta MTQ Nasional dari Nusa Tenggara Barat (NTB). 

Sebelumnya kata dia parade Taaruf hanya dilaksanakan di darat. Namun di Banjarmasin kata dia, pawai taaruf memanfaatkan sungai. 

"Ini menjadi ciri khas Banjarmasin sepertinya menampilkan perahu hias ini,"tuturnya. 

Tak hanya di Sungai, gelaran malam Taaruf juga dimeriahkan kegiatan di panggung seperti pentas seni islami. 

Terdengar juga lantunan lantunan musik islami serta syair-syair sholawat kepada Nabi Muhammad SAW, dari pentas seni islami di atas panggung. 

Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor pun mengatakan, pihaknya bersyukur mendapatkan kepercayaan menjadi tuan rumah gelaran MTQ Nasional ke XXIX ini. 

"Niat dan harapan kami yang tercapai ini, bisa mengobati rasa rindu kami yang terpendam selama 52 tahun. Karena Kalsel terakhir menjadi tuan rumah MTQ yakni tahun 1970 lalu," ujar Gubernur Kalsel dalam sambutannya. 

Pria yang sering disapa Paman Birin itu pun mengatakan, berbagai persiapan telah dilakukan Pemprov Kalsel agar penyelenggaraan MTQ ini berjalan lancar. 

"Kami sangat berharap pelayanan kami berikan mulai dari penjemputan hingga kepulangan nanti memberikan rasa nyaman dan kesan yang baik bagi seluruh kafilah " pungkasnya. 

Penulis : rian akhmad/ may
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya