Volume Sampah di Banjarmasin Mulai Meningkat, DLH Lemburkan Armada Konvektor

hallobanua.com, BANJARMASIN  - Dalam sepuluh hari terakhir ini, volume sampah di Kota Banjarmasin terus meningkat hingga capai 2 - 3 persen. 

Salah satu penyebabnya adalah seiring banyaknya kegiatan seperti MTQ maupun peringatan hari besar keagamaan, seperti peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. 

Hal itu pun tak ditampik Kabid Kebersihan dan Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Banjarmasin, Marzuki. 

Menurut pria yang biasa disapa Zek itu, sebagaimana peringatan hari besar keagamaan lainnya, bakal terjadi peningkatan volume sampah sekitar 2 - 3 persen di beberapa Tempat Penampungan Sementara (TPS). 

"Seperti di TPS HKSN dan TPS di kawasan Banjarmasin Selatan memang terjadi peningkatan sampah," ucapnya Zek, Senin (17/10/22). 

Adapun sampah yang banyak terlihat akhir-akhir ini kata dia yakni sampah jenis non organik, seperti sisa-sisa makanan. Pun juga termasuk sampah plastik, yang cukup mengalami peningkatan. 

Penyebabnya, kata dia karena banyak warga yang menyajikan konsumsi dengan cara ringkas, seperti dibungkus. 

"Kalau kita lihat peningkatannya sekitar 1 ton dalam seharinya untuk sampah plastik ini," ungkapnya. 

Untuk mengatasi hal terseebut, pihaknya mengaku telah menambah jam operasional dua unit armada jenis konvektor. 

 Marzuki Kabid Kebersihan & Pengelolaan Sampah DLH Banjarmasin

Kemudian, setiap sampah non organik yang terkumpul akan dibawa ke TPS 3R dan Pusat Daur Ulang (PDU), agar bisa dimanfaatkan kembali. 

"Dua armada konvektor kita buat lembur. Karena kebetulan dalam bulan ini juga ada event Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ)," tuturnya. 

Lantas, ia pun mengimbau kepada warga yang ingin menggelar kegiatan keagamaan, agar bisa mengatasi sampahnya secara mandiri. 

Misalnya dengan membentuk tim kebersihan dalam kepanitiaan. Nantinya, mereka lah yang akan mengumpulkan sampah-sampah tersebut menjadi satu sebelum nantinya dibuang ke TPS. 

"Sesuai SOP sampah memang seperti itu. Dikumpulkan dalam satu wadah, lalu diikat dengan rapi dan diantar ke TPS. Kalau di lokasi terdekat ada bank sampah bisa dimanfaatkan," bebernya. 

Ia pun meminta, jika masyarakat melaksanakan kegiatan keagamaan secara besar, untuk berkoordinasi dengan DLH Banjarmasin. 

"Jika kegiatan digelar skala besar atau mengundang masyarakat banyak bisa hubungi DLH. Kami akan bantu pengangkutan atau menurunkan petugas kebersihan," tutupnya. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya