Dapat Hibah Mobil Pusling, Dispersip Kalsel Ingin Pelayanan Lebih Dekat Ke Masyarakat

hallobanua.com, BANJARMASIN - Satu unit mobil perpustakaan keliling (Pusling) diterima Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi (Diapersip) Kalimantan Selatan (Kalsel) dari hibah Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. 

Mobil perpustakaan keliling itu juga dilengkapi koleksi buku 250 judul dengan 500 eksemplar beserta perlengkapan multimedia lainnya. 

Terdiri dari 1 unit paket DLS (Digital Library System), 4 unit tablet android, 1 unit genset, 1 unit modem, 1 unit televisi 32 inch, 1 unit multimedia speaker, dan 1 Uninterupptible Power Supply (UPS).
Mobil pusling pun diterima Kepala Dispersip Kalsel, Hj.Nurliani, pada Kamis (24/11/22) kemarin di gedung Perpustakaan Nasional RI, Jakarta. 

Wanita yang sering disapa Bunda Nunung mengatakan, bantuan hibah dari pemerintah pusat melalui Perpusnas RI kepada pemerintah provinsi kalsel melalui dispersip kalsel kali ini, merupakan bantuan mobil perpustakaan keliling ke 11 selama masa jabatan bunda. 

"Dengan adanya kembali bantuan ini menambah semangat untuk lebih mendekatkan pelayanan kepada masyarakat," ujar Bunda Nunung. 

Ia juga mengucapkan terimakasihnya kepada Perpusnas RI yang selalu memberikan support terbaik buat Dispersip PROV Kalsel. 

Sementara itu, Koordinator Pengembangan Perpustakaan Umum Perpusnas RI Nurhadi Saputra, menyampaikan, pada tahun 2022 ini perpusnas kembali menyalurkan bantuan mobil perpustakaan keliiling kepada pemerintah daerah dan kabupaten kota. 

"Semoga mampu memberikan stimulan agar menggerakkan meningkatkan fasilitas literasi di daerah. Serta memanfaatkan maksimal sehingga pemerataan akses informasi terpenuhi,"katanya. 

Nurhadi juga sangat mengapresiasi dispersip kalsel dan menyatakan dispersip kalsel merupakan terbaik dilevel provinsi. 

Hal ini melihat kegiatan dan program yang di jalankan dispersip kalsel sangat menyentuh masyarakat. 

Oleh karenanya hadi menyatakan Dispersip kalsel mampu dijadikan barometer pelaksanaan program digital perpustakaan bagi dinas perpustakaan daerah lainnya yang ada Di Indonesia. 

"Semoga Provinsi Lain juga bisa mengikuti prestasi yang di ukir Dispersip Prov. Kalsel. Kita ketahui mobil Pusling ini tergolong tidak baru, semoga saja dapat menunjang peningkatan gemar membaca di tengah masyarakat khususnya di Pemprov Kalsel," jelasnya. 

"Semoga bermanfaat dan berguna untuk menunjang upaya mencerdaskan kehidupan bangsa, meskipun di era digital dan internet saat ini," sambungnya. 

Diketahui, mobil perpustakaan ini bisa berpindah-pindah dengan cepat dan dapat menjangkau daerah pelosok yang terpencil di pedesaan. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kalsel
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya