DPPKBPM dan TP PKK Banjarmasin Inisiasi Sekolah Ayah dan Calon Ayah

 
hallobanua.com, BANJARMASIN - Dinas Pengendalian, Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat (DPPKBPM) Kota Banjarmasin bersama TP PKK Kota Banjarmasin menghadirkan program Sekolah Ayah dan Calon Ayah. 

Diketahui, program ayah dan calon ayah itu baru saja dijalankan dan perdana di Rumah Dinas Wali Kota Banjarmasin pada Sabtu (05/11/22) setelah dicanangkan pada 31 Juli 2022 lalu. 

Kegiatan itu meningkatkan pengetahuan dan wawasan orang tua dalam pengasuhan anak sejak dini. 

Kepala DPPKBPM Kota Banjarmasin, Helfianoor mengatakan, program sekolah ayah dan calon ayah ini merupakan kelanjutan dari program sekolah ibu dan calon ibu. 

            Kepala DPPKBPM Kota Banjarmasin,                                         Helfianoor

"Seorang ayah ataupun calon ayah juga harus tahu dan memahami pola asuh yang baik untuk tumbuh kembang si anak dalam sebuah rumah tangga," ungkapnya. 

Ia mengakui, jika dalam praktek untuk pola asuh yang ideal itu tidak semua orang tua ataupun calon orang tua yang memahami. 

Oleh sebab itu, melalui sekolah ini kata dia, diharapkan bisa memberikan pengetahuan terhadap itu. 

"Walau tidak tercover semua tapi kami berharap ayah dan calon ayah yang mengikuti kelas bisa memberikan pengetahuan pada lingkungan sekitarnya," ungkapnya. 

Selain itu, dalam sekolah ayah dan calon ayah ini juga memberikan pemahaman bahwa dalam berumah tangga tidak hanya tentang hubungan biologis saja. 

Tetapi kesiapan lainnya yang juga harus dihadapi oleh ayah dan calon ayah seperti proses kehamilan hingga melahirkan oleh ibu atau calon ibu serta ikut terlibat dalam proses tumbuh kembang anak di 1000 hari pertama. 

"Itu pentingnya kenapa si ayah juga harus diberikan pemahaman tentang proses berumah tangga yang ideal," tuturnya. 

Helfi pun berharap, pada tahun 2023 mendatang program itu bisa terus berjalan dan setiap bulan dilaksanakan. 

"Untuk tempat kita sesuaikan, mungkin lebih banyak di kantor kita. Kalau bisa dikondisikan di kelurahan atau kecamatan ya nanti kita coba lakukan," tutupnya. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya