Kepala DPKP Harap Peserta Pelatihan Pemadam 1 Bisa Menjadi Instruktur Bagi Ribuan Relawan Lainnya

Kepala DPKP Kota Banjarmasin, Budi Setiawan

hallobanua.com, BANJARMASIN - Kompetensi dan pengetahuan terkait kebakaran terus ditingkatkan bagi para Relawan Pemadam Kebakaran (Redkar) di Kota Banjarmasin. 

Untuk itu, pelatihan pun dilakukan oleh Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Banjarmasin. 

Menurut Kepala DPKP Banjarmasin, Budi Setiawan para relawan di Kota Seribu Sungai ini memiliki niat baik serta sifat sosial yang tinggi. Namun belum dibarengi dengan ilmu pengetahuan terkait pertolongan kebakaran. 

"Makanya pemerintah hadir terhadap mereka dalam bentuk bantuan pendidikan,"ungkap Budi, disela kegiatan pelatihan, Senin, (07/11/22). 

Diungkapkannya, jika pelatihan Diklat In House Pemadam 1 ini merupakan pelatihan pertama kali dilaksanakan di Banjarmasin. 

Oleh sebab itu, ia pun berharap, dengan pelatihan pemadam 1 ini, tentu bagi para peserta nantinya dapat menjadi traineer atau pelatih bagi kawan-kawan Redkar yang jumlahnya lebih dari 4 ribuan itu. 

"Mereka yang sudah melaksanakan pelatihan mendapatkan sertifikat, dan bisa melanjutkan lagi kejenjang pendidikan lain," jelasnya. 

"Jadi ada jenjangnya dari Pemadam 1, 2, dan 3 sampai Inspektur 1 dan 2. Kita menghendaki ada beberapa anggota kita bisa menjadi instruktur pelatihan. Disana tugas mereka yakni pencegahan dan sosialisasi serta pelatih,"katanya. 

Rencananya pelatihan serupa bakal kembali dilaksanalan pada bulan Februari tahun 2023 mendatang dan kembali bekerjasama dengan pemerintah DKI Jakarta. 

Penulis : rian akhmad/may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya