Krim Anti Jerawat dari Daun Eceng Gondok Antar Sekolah Kanaan Wakili Kalsel di Ajang Nasional

 
hallobanua.com, BANJARMASIN - Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memanfaatkan tanaman eceng gondok. Salah satunya, seperti dilakukan oleh siswa  Kanaan Banjarmasin, memanfaatkan dan mengolah ekstrak daun eceng gondok menjadi krim anti jerawat. 

Bermula dari pulang bersama teman sekolahnya, Marvello, salah satu siswa SMP Kristen Kanaan mengaku, sering melihat tumpukan eceng gondok di sungai. 

Hal itulah membuat dirinya mempunyai ide untuk mencoba melakukan penelitian sekaligus meriset eceng gondok. 

"Jadi dari situ kami dapat tema yakni pencemaran alam dan dihubungkan dengan populasi eceng gondok yang berlebihan," ungkapnya saat kegiatan pentas seni di Sekolah Kristen Kanaan, Jumat, (04/11/22). 

Ia pun bersama 2 teman lainnya melakukan penelitian dan menemukan kandungan antioksidan pada eceng gondok yang dapat anti inflamasi yang dapat meredakan jerawat pada wajah. 

"Ini sudah diuji coba dengan wajah seseorang yang berminyak, umur 10 sampai 20 tahun. Dan hasilnya selama seminggu jerawat mengering," bebernya. 

Awalnya kata dia, ia memiliki ide untuk membuat Eco Enzim dari tumbuhan yang mengapung tersebut. Namun, hal itu memerlukan waktu yang cukup lama. 

"Waktunya 3 bulan pembuatan, jadi lumayan lama. Apalagi kami kan mengikuti KiHajar Stem. Jadi waktu diberikan sedikit, makanya kami beralih membuat krim anti jerawat dari eceng gondok," katanya. 

Rupanya, produk krim wajah mereka, diikut sertakan di ajang Kihajar STEM oleh pihak sekolah. 

Diketahui, KiHajar Stem merupakan wadah eksplorasi untuk peserta didik pada satuan pendidikan SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, & SMK/MAK, untuk berfikir kritis, kreatif, dan mampu berkolaborasi dan berkomunikasi dalam mengembangkan project berbasis STEM melalui pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi. 

"Ini mewakili Kalimantan Selatan di ajang nasional itu. Jadi kita bersaing dengan 8346 peserta dari 2780 tim se Indonesia, bahkan dari sekolah luar negeri juga," jelasnya. 

Ia pun mengaku berencana untuk mempatenkan sekaligus melakukan penelitian lebih lanjut terhadap krim wajah buatan mereka tersebut. 

"Harapannya produk kami ini bisa menjadi perkembangan di dunia kosmetik kedepan. Dan ide kami ini bisa terealisasi dan menyelesaikan 2 masalah yakni mengatasi populasi eceng gondok dan mengurangi penderita jerawat karena masker," pungkasnya. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya