Kukuhkan Redkar, Ibnu Ingin Relawan Kebakaran di Banjarmasin Satu Koordinasi

hallobanua.com, BANJARMASIN - Pemko Banjarmasin resmi mengukuhkan Relawan Pemadam Kebakaran (Redkar) se-Kota Banjarmasin, pada Sabtu, (05/11/22) pagi. 

Pengukuhan pun langsung dilaksanakan oleh Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina bersama Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Banjarmasin di Balai Kota Banjarmasin. 

Menurut Ibnu Sina, pengukuhan ini sesuai dengan aturan Permendagri 114 Tahun 2018 tentang Standar Teknis Pelayanan Dasar pada Standar Pelayanan Minimal Sub Urusan Kebakaran Daerah Kabupaten/Kota. 

"Yang dikukuhkan hanya perwakilan, sebanyak 200 orang mewakili hampir 4500 relawan redkar," ungkap Ibnu, Sabtu (05/11/22). 

Di dalam Redkar ini kata dia, seluruh relawan baik itu namanya BPK, PMK, Balakar dan yang lainnya akan masuk di Redkar dan terdata di E-damkar. 

Selain itu, pada tahun 2023 mendatang ujar Ibnu, Pemko Banjarmasin bakal mengalokasikan anggaran agar para relawan mendapatkan asuransi seperti BPJS Kesehatan. 

"Itu kita berikan untuk 4 ribu lebih relawan yang sesuai terdaftar di E-damkar. Karena kemarin kita minta relawan ini mendaftar secara online di aplikasi itu," katanya. 

Ibnu pun mengaku, Pemko Banjarmasin senantiasa terus melakukan pembinaan terhadap para relawan di Kota Seribu Sungai. 

"Agar kawan-kawan ini bisa satu kordinasi dalam organisasi di Redkar ini,"pungkasnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Banjarmasin, Budi Setiawan menuturkan, dengan adanya Redkar ini, relawan di Kota Baiman ini tidak terkotak-kotak lagi. 

"Kita tidak merubah baju mereka, kita hanya menaungi mereka dalam satu wadah yakni Redkar," ujarnya. 

Dengan dibentuknya Redkar dibawah naungan Pemko Banjarmasin ini, Budi pun berharap, pihaknya bisa memberikan pembinaan serta pelatihan terhadap para relawan. 

"Kita harapkan kedepannya relawan ini bisa mensosialisasikan serta pencegahan kebakaran kepada masyarakat,"tutupnya. 

Penulis : Rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya