Pemko Banjarmasin Berikan Pelatihan Untuk Relawan Damkar


hallobanua.com, BANJARMASIN - Dalam Waktu dekat, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Banjarmasin, bakal melaksanakan pelatihan kepada Relawan Pemadam Kebakaran (Redkar) se Kota Banjarmasin. 

Hal itu langsung disampaikan Kepala DPKP Banjarmasin, Budi Setiawan usai pengukuhan Redkar pada Sabtu, (05/11/22) pagi, di Balai Kota Banjarmasin. 

Rencananya, pelatihan terhadap relawan damkar bakal dilaksanakan pada Senin, (07/11/22) mendatang. 

"Kita akan laksanakan pelatihan Damkar Satu. Itu bagaimana tata cara melakukan pemadaman api serta Standar Oprational Procedur (SOP) nya seperti apa," ungkap Budi. 

Ia bilang, tugas pemadam kebakaran ada 3, yakni edukasi, sosialisasi dan pemadaman. Seluruh tugas itu lah nanti yang akan dilatih dan dikerjasamakan kepada relawan se Kota Banjarmasin. 

"Jadi para relawan juga bisa mensosialisasikan langkah pencegahan kebakaran di masyarakat," jelasnya. 

Dengan adanya pelatihan ini, tentu didukung Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina. Menurut Ibnu Sina, hal itu sangatlah penting, apalagi terkait keselamatan di jalan. 

"Mereka yang telah terdaftar di E-damkar, kemudian akan diedukasi, dibina dan, ditingkatkan kemampuannya baik dari pelatihan-pelatihan, bimtek termasuk juga lomba ketangkasan," ucap Ibnu 

"Apalagi beberapa waktu lalu sudah dilaksanakan pelatihan untuk sopir-sopir damkar, mereka mendapatkan sim khusus untuk menjadi sopir mobil damkar, ada 100 orang yang sudah mengikuti dan insyaallah ini nanti akan dilanjutkan," jelasnya. 

Sehingga kata dia, para driver damkar dapat mengutamakan keselamatan relawan dan pengguna jalan di jalanan. 

"Namun tetap fokus untuk membantu masyarakat yang tertimpa musibah dan tetap menjaga keselamatan sekitar,"tuntas Ibnu. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya