Paman Birin Resmi Membuka Peparprov IV tahun 2022

hallobanua.com,  KANDANGAN - Pekan Paralympic Provinsi (Peparprov) IV Kalsel Tahun 2022 resmi dimulai di Lapangan Lambung Mangkurat, Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), minggu (20/11/2022). 

Event olahraga tingkat propinsi tersebut langsung dibuka oleh Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) Sahbirin Noor bersama Bupati HSS Achmad Fikry, serta Ketua NPC Kalsel, Ahmad Firdaus dan Kepala Dispora Kalsel Hermansyah.   

Pembukaan Peparprov dibuka meriah yang diawali dengan penampilan tarian massal oleh ratusan remaja di HSS dilanjutkan defile kontingen peserta dari 13 kabupaten/kota se Kalsel dan penyuluhan obor. 

Dalam sambutannya, Sahbirin Noor menyampaikan penghargaan dan apresiasi yang besar kepada atlet paralympic yang sukses menoreh prestasi di tingkat nasional, beberapa waktu lalu di Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) ke XVI tahun 2021 di Papua. 

“Saya menyampaikan rasa salut, bangga, kepada atlet paralympic Kalsel atas prestasi yang sangat luar biasa untuk banua,” kata Sahbirin Noor. 

Menurutnya, pada Peparnas XVI Papua 2021, kontingen Kalsel berhasil menempati peringkat keempat dengan perolehan medali 41 emas, 43 perak dan 47 Perunggu. Sementara, juara umum ditempati oleh tuan rumah Papua. 

Untuk itu, Pemprov Kalsel sangat mengapresiasi kerja keras Bupati HSS selalu memberikan kejutan dalam kegiatan olahraga di Kalsel, juga para pihak terkait lainnya. 

Sementara itu, Bupati HSS Achmad Fikry berharap ajang ini menjadi wahana silaturahim para atlet, dan mampu melahirkan atlet-atlet berprestasi di bidang masing-masing. 

“Diharapkan ajang ini sebagai wadah untuk mengasah kemampuan para atlet. Tunjukkanlah kemampuan terbaik dengan tetap menjunjung tinggi sportifitas,” kara Fikry. 

Dikesempatan yang sama, Ketua Umum NPC Kalsel, Ahmad Firdaus mengatakan Peparprov ini berlangsung mulai tanggal 20–27 Nopember 2022 yang diikuti 807 atlet dan 381 pelatih dari 13 kabupaten/kota se Kalsel dengan 11 cabang olahraga. 

Peparprov ke IV Provinsi Kalsel tahun 2022 mempertandingkan 11 cabang olahraga yakni renang, atletik, angkat berat, catur, bulu tangkis, panahan, tenis meja, menembak, judo, voli duduk dan sepak bola CP. 

“Kita berharap melalui even ini akan lahir bibit atlet dan olahragawan difabel yang bisa membawa harum nama Kalsel di tingkat nasional maupun internasional,” pungkasnya. 

Dya/ may
Kalsel
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya