Pasar Rakyat Untuk UMKM Sasar Warga Barabai

hallobanua.com, BARABAI - Menekan angka inflasi di Kalimantan Selatan (Kalsel), Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalsel menggelar Pasar Rakyat untuk UMKM, Selasa, (15/11/2022). 

Ratusan warga beramai-ramai datang ke stadion olahraga Murakata, Barabai, Hulu Sungai Tengah (HST), untuk mendapatkan sembako murah. 

Diketahui, pasar rakyat untuk UMKM itu merupakan titik ke lima digelar oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan di 13 Kab/Kota. 

Di setiap titik, Dinas Koperasi dan UKM Kalimantan Selatan menyediakan 1.000 lebih paket sembako yang berisikan beberapa komoditas bahan pokok. 

Seperti satu liter minyak goreng, satu kilogram tepung dan gula pasir. Lalu, dua bungkus garam, delapan butir telur ayam, dan setengah kilogram bawang putih. 

Setiap paket ditukar menggunakan kupon dan ditebus seharga Rp42 ribu, dari harga normal Rp62.500 per paket. 

Tak hanya sampai disitu, sejumlah stand UMKM yang menjual berbagai produk juga turut berpartisipasi di acara itu. Tentunya dijual dengan harga murah. 

Kegiatan pasar rakyat itu turut dihadiri Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kalimantan Selatan, Gusti Yanuar Noor Rifai yang turun langsung membantu proses pembagian paket sembako murah kepada warga. 

"Dengan terlibat langsung seperti ini kami bisa merasakan langsung bagaimana masyarakat harus memenuhi kebutuhan pokok. Keringat yang keluar semoga menjadi berkah," ucapnya usai seremonial pembukaan Pasar Rakyat untuk UMKM. 

Ia mengatakan, dalam upaya pengendalian inflasi, tiap SKPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan diminta untuk membuat sebuah program. 

Di jajarannya adalah Pasar Rakyat untuk UMKM, dengan sasarannya adalah pelaku UMKM, koperasi dan juga masyarakat sekitar. 

"Antusias warga sangat luar biasa. Harga setiap paket yang disediakan disubsidi oleh Pemerintah Provinsi dan Bank Kalsel sekitar Rp20.500," tuturnya. 

Selain itu, program Pasar Rakyat untuk UMKM itu kata dia juga sejalan dengan program yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten HST dalam konteks pengendalian inflasi. 

"Kita juga melaksanakan safari Pasar Murah di seluruh Kecamatan ada 17 titik. Sekaligus juga dalam rangka memperingati Hari Jadi Ke-63 Kabupaten HST," timpal Kepala Dinas Perindustrian,  Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten HST, Syahruli. 

Ia pun turut mengimbau kepada masyarakat berpenghasilan tinggi, agar bisa berbelanja di pasar rakyat atau pasar tradisional. 

"Dengan begitu mereka turut berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi. Terutama Bumi Murakata," pungkasnya. 

Sekedar informasi, pelaksanaan Pasar Rakyat untuk UMKM masih akan terus digelar di kabupaten Kota selanjutnya hingga Desember mendatang. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kalsel
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya