Peringati Hari Pahlawan Nasional, Pemko Banjarmasin Angkat Tema "Pahlawan Ku Teladan Ku"

hallobanua.com, BANJARMASIN - Peringati Hari Pahlawan Nasional di 10 November 2022 ini, Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin menggelar apel pagi. 

Dengan tema "Pahlawan Ku Teladan Ku", apel pagi diikuti jajaran SKPD dan Forkopimda berlangsung di Halaman Balai Kota Banjarmasin, pada Kamis (10/11/22) pagi. 

Dalam kesempatan itu, Kapolresta Banjarmasin selaku Inspektur Upacara membacakan amanat dari Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini yang berisikan pesan untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa. 

Tak hanya itu dalam amanatnya pihaknya menekankan sikap saling menghargai satu dengan yang lain dalam kerukunan. 

Kemudian, Ia mengingatkan bahwa semangat dan nilai - nilai kepahlawanan harus bisa menjadi inspirasi dalam setiap langkah kehidupan. 

"Bersama kita bangun ingatan kolektif bangsa agar dapat mengimplementasikan semangat dan nilai-nilai luhur kepahlawanan. Perkuat persatuan dan kesatuan NKRI, kita lawan paham radikal guna menyongsong masa depan yang cerah," ucap Sabana, membacakan amanat Tri Rismaharini. 

Sementara itu, Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Banjarmasin, Ikhsan Budiman menyebutkan, Hari Pahlawan merupakan sebuah momentum untuk mengenang serta merenungi tentang bagaimana upaya-upaya perjuangan para pahlawan yang begitu keras untuk mengusir para penjajah, merebut serta mempertahankan kemerdekaan NKRI pada masa yang lalu. 

"Ini merupakan bentuk sebuah penghormatan kita untuk mengenang jasa-jasa pahlawan yang dulu telah berjuang sangat keras dalam meraih kemerdekaan," ungkap Sekda Kamis, (10/11/22). 

Untuk itu, ia pun berharap agar melalui momentum tersebut seluruh lapisan masyarakat dapat memaknai dan menjadikan Pahlawan-pahlawan kita khususnya Pahlawan Banjar sebagai pribadi yang teladan. 
"Sekali lagi, momen ini menjadi hal yang bagus untuk kita meneladani dan mengetahui upaya para pahlawan kita dulu untuk mengusir penjajah, di saat beliau-beliau ini bisa mengusir NICA (Pemerintahan Sipil Hindia Belanda) dari bumi Banjarmasin saat itu," pungkasnya. 

Usai apel pagi, Ikhsan Budiman beserta jajaran Forkopimda Kota Banjarmasin melaksanakan ziarah makam sekaligus upacara tabur bunga di Tugu 9 Nopember, Benua Anyar, Kecamatan Banjarmasin Timur dan di Tugu Pahlawan, halaman KPPN Kota Banjarmasin. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya