Poltekkes Kemenkes Bekali Mahasiswanya Untuk Menjadi Wirausaha Mandiri dan Kreatif


hallobanua.com, BANJARBARU – Politeknik Kesehatan Kemenkes (Poltekkes) Banjarmasin, menggelar training dan seminar kewirausahaan. Agenda bertajuk siap menjadi wirausaha muda kreatif inovatif dan mandiri itu, diikuti oleh ratusan peserta dari beberapa prodi dan jurusan di Poltekkes setempat.

Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari, mulai 5 hingga 6 Nopember 2022 di Banjarbaru itu, menjadi agenda besar bagi Kampus Poltekkes Banjarmasin untuk menggerakkan para mahasiswanya dalam berwirausaha, khususnya dalam bidang pengenalan lingkungan sekitar yang dapat diolah dan dikelola menjadi sebuah peluang bisnis.

Melalui seminar ini, pihak kampus juga berharap para mahasiswanya dapat menjadi seorang wirausaha muda yang bersikap mental berani. Apalagi, dalam menghadapi persaingan semakin kompleks dan persaingan ekonomi global, maka kreativitas menjadi sangat pentng untuk dapat menciptakan keunggulan kompetitif di bidang dunia bisnis.

Agar tercipta sumber daya manusia kreatif dan inovatif, menjadi tujuan dari Poltekkes Kemenkes Banjarmasin menggelar kegiatan training dan seminar kewirausahaan bagi kalangan mahasiswanya.

Ketua Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Banjarmasin Zulfikar Ali, mengungkapkan, kegiatan ini merupakan suatu kegiatan yang bersifat edukatif dan diharapkan dapat menambah wawasan mahasiswa dalam berwirausaha.

“Ini kegiatan yang kali pertama kita laksanakan, kami berharap kegiatan ini dapat menyesuaikan dengan mata kuliah dan jurusan, sehingga menjadi bekal bagi mahasiswa kami untuk bisa menjadi seorang wirausahawan yang sukses dan mandiri. Mahasiswa nantinya tidak hanya mencari pekerjaan, tetapi ke depannya bagaimana mereka mampu menciptakan lapangan pekerjaan,” ujar Zulfikar.

Hal senada juga diungkapkan oleh Ketua Program Studi Sanitasi Lingkungan, program Sarjana Terapan Poltekkes Kemenkes Banjarmasin, Dr Isnawati, S.Km, M.Kes, melalui kegiatan seminar ini mahasiswa dapat mengembangkan diri dalam berwirausaha.
  
“Di prodi kami ada yang berhubungan dengan beberapa mata kuliah, jadi pengembangannya dapat diarahkan untuk berwirausaha, itu harapan kami,” kata Dr Isnawati.

Kegiatan training dan seminar kewirausahaan, seperti disampaikan oleh salah satu peserta, sangat bermanfaat bagi mahasiswa dalam mengembangkan diri untuk bisa sukses menjadi seorang wirausaha muda.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami dan ikut serta dalam mengelola lingkungan, ini sangat berkesan.harapan kami ke depan bisa menjadi workshop melalui praktik langsung seperti dalam pengelolaan eco enzim di lingkungan masyarakat,” kata Muhammad Rizky.

Hadir beberapa orang narasumber dalam kegiatan ini, menyampaikan sejumlah materi dan topik yang dibahas, seperti materi public speaking, bagaimana mengenal mental pengusaha.

Tak kalah menariknya, turut pula disampaikan materi bagaimana mengolah dan mengelola eco enzim serta pengelolaan bank sampah yang tujuannya dapat menciptakan lapangan pekerjaan.

Tim liputan/ may
banjarbaru
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya