Sepasang Burung Merak Tambah Koleksi di Taman Satwa Zahri Saleh

hallobanua.com, BANJARMASIN - Sepasang burung merak melengkapi koleksi satwa di Taman Satwa Kebun Binatang Mini Jahri Saleh, Banjarmasin. 

Tentunya hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat untuk berkunjung ke kebun binatang mini tersebut. 

Kepala UPT Taman Satwa Jahri Saleh, Sabransyah mengatakan, sepasang merak itu merupakan pengadaan koleksi satwa di tahun 2021 yang lalu. 

Meski begitu, saat diboyong ke taman satwa yang terletak di Kelurahan Sungai Jingah itu, ukuran sepasang merak itu sangat kecil. 

"Masih anakan. Seperti anak ayam. Itu berdasarkan cerita petugas di sini. Sekarang, sudah lumayan besar. Terkadang, bulunya juga tampak mengurai," ungkapnya, Kamis (24/11/22). 

Walaupun sudah lumayan besar, Sabran mengatakan bahwa sepasang merak itu masih belum bisa diletakkan di sangkar yang lebih besar, karena masih dianggap anakan. 

"Tunggu beberapa bulan lagi atau jadi lebih besar dari sekarang, baru kami pajang. Biar tambah menarik," katanya. 

Selain sepasang merak, pihak UPT Taman Satwa Kebun Binatang Mini Jahri Saleh, juga bakal menambah koleksi lain, yaitu sepasang Rusa Sambar. 

Ia bilang, koleksi ini merupakan hibah dari Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Kalsel. Dan saat ini, diketahui bahwa prosesnya sendiri masih berjalan. 

"Beberapa waktu lalu, kami juga sudah mengurus kelayakan kandangnya ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalsel. Kemudian, mereka menindaklanjutinya dengan berkunjung ke sini. Melihat langsung kondisi kandang yang ada. Hasilnya, kandang yang disediakan dianggap layak," katanya. 

Dahulu kata dia, di Taman Satwa Kebun Binatang Mini Jahri Saleh, pernah mengoleksi sepasang rusa sambar. 

Namun, sang jantan justru mati lantaran terpapar banjir besar di awal tahun 2021 lalu. 

"Yang tersisa kini hanyalah rusa betina. Kami sudah bertanya ke pihak BKSDA. Apakah tak apa-apa bila betinanya ada dua, sedangkan pejantan cuma satu. Jawaban mereka, tidak apa-apa," pungkasnya. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya