Tingkatkan Keselamatan, BPK dan Relawan Diberi Pelatihan Safety Driving

hallobanua.com, BANJARMASIN - Pelatihan safety driving kembali dilaksanakan Dinas Pemadam Kebakatan dan Penyelamatan (DPKP) Banjarmasin, untuk petugas damkar dan relawan pemadam kebakaran  di Banjarmasin. 

Kegiatan dilaksanakan untuk meningkatkan keselamatan berkendara saat melakukan tugas pemadaman kebakaran di lokasi. 

"Tentunya sangat penting dengan adanya pelatihan ini," ungkap Wakil Wali Kota Banjarmasin, Ariffin Noor, usai membuka langsung kegiatan pelatihan, Selasa (22/11/22). 

Ariffin pun berharap, dengan adanya pelatihan safety driving ini tak hanya relawan damkar yang mempunyai kondisi yang fit, namun unit atau armada damkarnya juga harus diperhatikan. 

"Sehingga ada juga narasumber yang melakukan pemeriksaan psikologis. Mudah-mudahan bisa menghasilkan terbaik,"katanya. 

Sementara itu, Kepala DPKP Banjarmasin, Budi Setiawan mengatakan, pelatihan ini juga menjadi kunci utama dalam tugas pemadam kebakaran atau BPK untuk memadamkan api dilokasi kebakaran. 

"Jangan sampai sopir tidak memiliki keilmuan yang cukup, yang mengemudikan damkar. Bisa membahayakn dirinya sendiri dan orang lain," ujar Budi. 

Setidaknya 70 pengemudi damkar yang mengikuti pelatihan safety driving yang dibagi dua sesi itu. 

"Jadi hari ini kita pelatihan teori terlebih dulu, dan rencananya nanti di hari kamis (24/11/22) nanti baru kita praktek di lapangan Kamboja," pungkasnya. 

Dalam pelatihan ini peserta diwajibkan memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM). 

"Dan minimal umur 21 tahun. Secara psikologis, kejiwaan dan mental kan mereka bisa memilih mana baik dan benar. Jadi inilah usaha kita untuk memberikan pengamanan terhadap mereka dan pengendara lain," tuntasnya. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya