Titik Ke 6 Pasar Rakyat UMKM Pemprov Diserbu Warga Pelaihari

halloanua.com, PELAIHARI - Setelah sukses digelar di 5 titik, pelaksanaan Pasar Rakyat Untuk UMKM dijalankan Pemerintah Provinsi (Pemprov) ini, kembali digelar di kota Pelaihari, Kab. Tanah Laut, Kamis (17/11/22). 

Dititik ke 6 kali ini, Pasar Rakyat Untuk UMKM dalam rangka pengendalian inflasi itu, digelar di lapangan Pertasi Kencana Dispora. 

Tidak kurang dari 1.500 paket sembako murah disediakan oleh Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Selatan, untuk memenuhi kebutuhan pokok masyarakat di kota berjuluk Tuntung Pandang. 

Tak hanya sampai disitu, sejumlah stand UMKM yang menjual berbagai produk khas Tanah Laut, juga turut berpartisipasi di acara itu. Tentunya dijual dengan harga murah. 

Bahan pokok yang dijual disana yakni 1 liter minyak goreng, 1 kilogram tepung, gula pasir, 2 bungkus garam, 8 butir telur ayam, dan setengah kilogram bawang putih. 

Disisi lain, kenaikan harga sejumlah bahan pokok memang sedang terjadi di Kabupaten Tanah Laut. 

Hal itu diakui oleh Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Tanah Laut, Hairul Rizal, usai membuka Pasar Rakyat untuk UMKM. 

Ia membeberkan, ada kenaikan sejumlah bahan pokok meskipun tidak begitu signifikan. Salah satunya telur. 

"Sekarang sudah berangsur normal. Kami dari Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) juga terus melakukan operasi pasar dan masuk ke desa-desa untuk melihat langsung kondisi masyarakat," ungkapnya, Kamis, (17/11/22). 

"Memang ada beberapa komoditas yang harganya masih mengalami kenaikan. Seperti daging sapi dan kedelai, naik sekitar Rp5.000 - Rp. 10.000. Tapi untuk stok kita pastikan aman," timpal Abdillah, Kabid Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Tanah Laut. 

Meski begitu, lanjut Hairul Rizal, dengan adanya Pasar Rakyat untuk UMKM oleh Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalsel ini, pihaknya merasa sangat terbantu dalam upaya stabilisasi harga bahan pokok. 

"Sangat besar kontribusinya. Semoga sinergitas ini juga bisa terus berlanjut," harapnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Selatan, Gusti Yanuar Noor Rifai merasa bersyukur, pelaksanaan Pasar Rakyat Untuk UMKM berjalan lancar hingga di titik keenam. 

"Semoga di titik-titik selanjutnya juga berjalan dapat lancar. Baik dari segi keamanan maupun proses pendistribusian paket sembako kepada masyarakat," harapnya 

Ia juga berpesan, kepada masyarakat yang datang untuk tidak berdesak-desakan dan membiasakan budaya antre guna menciptakan suasana kondusif. 

"Semoga masyarakat bisa sabar. Karena kami membudayakan antre setiap titip pelaksanaan pasar rakyat," pungkasnya. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kalsel
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya