Alat Perekaman Transaksi dan Pembayaran Pajak Bakal Ditambah


hallobanua.com, BANJARMASIN - Badan Pengelola Keuangan Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD) Banjarmasin, kembali bakal menambah pemasangan Tapping Box ke sejumlah wajib pajak di Banjarmasin. 

Tapping box adalah alat yang di pasang di restoran yang merupakan wajib pajak untuk merekam catatan transaksi. 

Fungsinya, sebagai pembanding antara total transaksi yang ada di restoran dengan jumlah pajak daerah yang dibayarkan. 

Kasubid Pemeriksaan dan Pengawasan di BPKPAD Banjarmasin, Andi Irawan mengungkapkan, dari total 500 wajib pajak, saat ini ada sebanyak 498 yang sudah dipasangi tapping box. 

"Target pemasangan tahun depan tambah 500 lagi. Tapi secara bertahap. Semoga nanti sampai 1.000 tapping box," ungkapnya kepada hallobanua.com belum lama tadi. 

Ia bilang, dari sisi efektifitas tapping box, sudah sangat baik. Tapping box juga meningkatkan PAD, dalam rangka digitalisasi, dan transparansi perpajakan. 

Namun, ia tak menampik hingga kini masih ada saja wajib pajak yang bandel. Bahkan, pihaknya juga menemukan adanya wajib pajak yang mengakali tapping box yang dipasang BPKPAD di sejumlah tempat. Misalnya, perhotelan, hiburan hingga restoran. 

Beruntung, pihaknya bisa melakukan pelacakan, dan punya kewenangan untuk melakukan pemeriksaan. 

"Jadi ketika ada indikasi kecurangan, kami tinggal perlihatkan buktinya. Tapi memang pengawasan perlu terus digiatkan ke para wajib pajak" pungkasnya. 

Ditanya terkait sanksi pagi pelaku wajib pajak yang melakukan kecurangan? Andi menjawab bakal dilakukan berjenjang. 

Mulai dari diminta melunasi sisa pajak yang dibayarkan, kemudian diberikan edukasi. 

"Wajib pajak, diminta melunasi. Kalau tidak, maka dilanjutkan ke eksekusi, penyitaan aset," imbuhnya. 

"Dan sejauh ini mereka masih bayar. Karena kalau tidak, maka bisa masuk ke ranah pidana berdasarkan perda. Tapi kami upayakan edukasi dan pengawasan terus. Kalau memang perlu, baru kami bawa ke ranah pidana," pungkasnya. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya