Dinkes Siagakan Rumah Sakit Diakhir Tahun


hallobanua.com, BANJARMASIB - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjarmasin turut merespon adanya potensi peningkatan kasus Covid-19 jelang libur Natal dan Tahun BaPru (Nataru) 2022 ini. 

Dikatakan Kepala Dinkes Banjarmasin, Muhammad Ramadhan, pihaknya telah menyiapkan segala hal yang berkaitan dengan penanganan pasien Covid-19  dengan menyiapkan jumlah tempat tidur (bed) atau ruang isolasi perawatan khsusus di seluruh rumah sakit yang ada di kota Banjarmasin. 

"Total ada 346 tempat tidur yang kita sediakan. Dan nakesnya pun kita minta tetap aktif. Selama status pandemi ini belum dicabut, mereka tetap kita siagakan," ujar Ramadhan saat ditemui di Balai Kota Banjarmasin 

Ia memaparkan, di RSUD Ulin sudah disiapkan sebanyak 187 bed, RSUD Anshari Saleh 24 bed dan RSUD Sultan Suriansyah 14 bed. 

Kemudian di RS Suaka Insan ada 61 bed, RS Bhayangkara 12 bed, RS Siloam 6 bed dan RS Soeharsono sebanyak 42 bed. 

Menurutnya, tingginya mobilitas warga di momen akhir tahun 2022 ini diakui sudah tidak bisa terelakkan lagi. 

Hal tersebut terjadi lantaran adanya kelonggaran yang dibuka pemerintah, sebagai upaya membangkitkan lagi geliat ekonomi yang lebih 2 tahun sebelumnya sempat terpuruk.
Meski begitu, Kadinkes menilai kondisi tersebut tidak perlu ditanggapi ketakutan berlebihan. Pasalnya, hal tersebut akan secara otomatis tertanggulangi jika masyarakat disiplin dalam bervaksin. 

"Intinya itu ada di vaksin. Jika warga menjalankannya secara disiplin, maka imun pada tubuh akan sempurna dalam menangkal paparan Covid-19," jelasnya. 

Terakhir, ia membeberkan jika Dinkes Banjarmasin sendiri sudah menyediakan banyak jumlah vaksin di UPTD gudang instalasi farmasi milik Dinkes Banjarmasin. Mulai dari Pfizer, sampai jenis Indovac. 

"Kita berharap kondisi di akhir tahun 2022 ini bisa sejalan dengan apa yang diungkapkan Kementerian Kesehatan RI. Yakni sudah mencapai puncak dari penularan Covid-19 untuk varian omicron. Karena kita bisa melihat sendiri sekarang ini kan jumlah pasien Covid-19 di tempat kita saja sudah mulai menurun," pungkasnya. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya