Jalankan Gerakan Revolusi Mental Dengan Baik, Pemko Banjarmasin Raih Penghargaan ARM 2022

hallobanua.com, BANJARMASIN - Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin berhasil meraih penghargaan Anugerah Revolusi Mental (ARM) tahun 2022. 

Penghargaan itu diberikan langsung dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Republik Indonesia. 

Anugerah tersebut diberikan kepada Pemerintah Kabupaten/Kota yang dinilai sudah bisa melaksanakan revolusi mental dengan nilai baik. 

Tak hanya itu, penghargaan juga sebagai bentuk apresiasi terhadap semua pelaku atau agen perubahan yang mencerminkan Gerakan Nasional Revolusi Mental di seluruh pelosok Nusantara. 

Penghargaan yang diterima langsung Wakil Wali Kota Banjarmasin, H Arifin Noor itu, diserahkan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia K.H. Ma'ruf Amin didampingi Menko PMK Muhadjir Effendy di Flores Ballroom, Hotel Borobudur, pada Rabu( 21/12/22) tadi. 

K.H. Ma'ruf Amin mengatakan, Revolusi Mental mencakup nilai integritas, etos kerja, dan gotong royong. Itu adalah sumber utama yang memberikan pengaruh terhadap pembentukan karakter, perilaku, cara berpikir, dan cara bertindak individu. 

"Dan ini tergantung dari pada karakter yang kita bangun. Oleh karena itu Revolusi Mental itu menjadi penting sekali," ucap Wakil Presiden dalam acara penghargaan ARM 2022 itu. 

Sementara itu, Menko PMK Muhadjir Effendy menerangkan, Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) mendorong internalisasi nilai-nilai strategis instrumental revolusi mental pada individu, keluarga, insititusi sosial, masyarakat sampai dengan lembaga-lembaga negara.  

Hal ini diharapkan dapat mendorong perubahan cara pandang, sikap, perilaku yang berkarakter dan berorientasi pada kemajuan.  

"Revolusi mental harus dimulai dari diri sendiri dan kemudian meluas di lingkungan keluarga, komunitas, masyarakat luas, dan selanjutnya mencakup seluruh komponen bangsa," pungkas Muhadjir. 

Selain Kota Banjarmasin, sejumlah kota di Wilayah Indonesia Bagian Timur juga mendapatkan anugerah tersebut, diantaranya, Pemerintah Kota Balikpapan, Pemerintah Kota Pontianak, Pemerintah Kota Jayapura dan Pemerintah Kota Mataram. 

Tentunya, dengan penghargaan itu, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin, bersama jajaran dan warga Kota Banjarmasin, merasa bersyukur atas terpilihnya Kota Banjarmasin mendapatkan penghargaan ARM 2022. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya