Pemko Hibahkan Mobil Unit Layanan Kanker, YKI Harap Bisa Jadi Pendeteksi Dini Kanker

hallobanua.com, BANJARMASIN - Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin melaunching Mobil Unit Deteksi Dini Kanker Leher Rahim, di Lobi Balai Kota Banjarmasin, pada Rabu (07/12/22) pagi. 


Launching sendiri langsung dilakukan Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina didampingi Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Kota Banjarmasin, Hj Siti Wasilah. 


Dengan adanya unit mobil pelayanan kanker ini ujar Ibnu, bisa mendeteksi dini dan mengurangi kasus kanker di Banjarmasin. 


"Jadi temanya mobil kanker ini akan datang ke kampung-kampung untuk mendeteksi dini termasuk memberikan konsultasi kepada masyarakat," ungkap Ibnu usai launching mobil kanker, Selasa (07/12/22) 


Penyerahan q operasional mobil yang dihibahkan Pemko Banjarmasin kepada YKI Kota Banjarmasin itu, juga turut dihadiri langsung oleh Ketua Umum YKI Pusat, Prof Dr dr Aru Wisaksono Sudoyo. 


Prof Aru Wisaksono hadir sekaligus menjadi narasumber dalam Seminar Awam yang dilaksanakan YKI Kota Banjarmasin dengan tema Cegah Kanker Paru-Stop Merokok Sedari Dini. 


Tak lupa Ibnu Sina turut mengucapkan terimakasih kepada YKI pusat. Menurutnya bimbingan YKI pusat saat ini sangat membantu YKI Kota Banjarmasin. 


"Dan juga mitra serta para penyintas serta kelompok masyarakat peduli kanker. Kita harus menurunkan angka kanker di Banjarmasin," pungkasnya. 


Sementara itu, ketua YKI Banjarmasin, Hj Siti Wasilah mengutarakan, hadirnya mobil ini juga sembari sosialisasi pencegahan kanker leher rahim kepada semua perempuan yang sudah menikah. 


"Jadi itu bisa dideteksi dini dengan pemeriksaan Iva Test," ungkapnya. 


Ia pun berharap, dengan pelayanan mobil keliling ini bisa mendekatkan  pelayanan dengan  keluarga. 


"Agar semakin banyak yang mau memeriksa, sekaligus sarana mobilisasi pasien yang terkena kanker untuk mudah dibantu kepelayanan rumah sakit," tutupnya. 


Penulis : rian akhmad/ may


Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya