Retribusi Parkir Jadi Target Pemko Banjarmasin Maksimalkan Pendapatan di Tahun 2023

hallobanua.com, BANJARMASIN - Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin, mulai merencanakan  untuk memaksimalkan Pandapatan Asli Daerah (PAD) untuk tahun 2023 mendatang, khususnya dari pajak dan juga retribusi parkir. 

Salah satunya dengan terus mendata objek pajak maupun retribusi parkir yang ada di Kota Seribu Sungai 

"Kami targetkan semua data parkir ini terdata dengan baik. Termasuk juga untuk parkir-parkir yang belum terdata atau yang liar," ungkap Sekretaris BPKPAD Banjarmasin, Hendro, usai sosialisasi pada Kamis (08/12/22).
Dalam sosialisasi yang dihadiri oleh para pengelola parkir tersebut, pihaknya turut menerangkan bahwa penagihan pajak parkir saat ini sudah menjadi wewenang BPKPAD Banjarmasin. 

Sedangkan untuk pengelolaan retribusi parkir, masih menjadi kewenangan dari Dinas Perhubungan (Dishub) Banjarmasin. 

"Jadi untuk penanganan parkir yang bukan retribusi itu ranahnya kami. Walaupun untuk izinnya tetap melalui UPT Parkir di Dishub," katanya. 

Sementara itu, Kabid Lalu Lintas Dishub Banjarmasin, Febpry Ghara Utama mengatakan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan PAD dari pajak dan retribusi parkir ini. Yakni yang pertama melalui regulasi yang disesuaikan serta merubah sistem. 

"Dan parkir ini bisa menjadi pengendali lalu lintas. Kalau parkir terkendali, tentu lalu lintas akan tertib dan lancar," imbuhnya. 

Febpry bilang, keberadaan angkutan umum yang disediakan oleh Pemprov Kalsel maupun Pemko Banjarmasin, seperti Bus Rapid Transit (BRT) juga bisa meningkatkan potensi pajak. 

"Misalnya ada masyarakat dari Banjarmasin mau ke Banjarbaru menggunakan angkutan umum, kemudian kendaraannya dititip di parkir di RSUD Ulin, tentunya itu juga jadi sebuah peluang untuk para pengelola parkir dan tentunya juga bisa meningkatkan PAD," paparnya. 

Terakhir, Febpry juga mengungkapkan jika perlunya pendataan objek parkir saat ini, untuk melakukan pemetaan di 2023. 

"Kalau sudah ada database, tahun depan kita bisa memetakan mana yang harus kami maksimalkan atau ditingkatkan," pungkasnya. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya