Disdik Tanbu Larang Siswa Bawa Permainan Lato-lato Saat Sekolah

hallobanua.com, TANAH BUMBU - Larangan permainan Lato-lato bagi siswa maupun siswi di Tanah Bumbu turut resmi dilarang Dinas Pendidikan (Disdik) Tanah Bumbu. Peringatan ini, dilakukan karena permainan tradisional itu dikhawatirkan berdampak negatif terhadap pembelajaran. 

Hal itu disampaikan, Kepala Dinas Pendidikan Tanah Bumbu, Eka Sapruddin. Ia menjelaskan, larangan tersebut tertuang dalam Surat Edaran Dinas Pendidikan Tanah Bumbu Nomor: B/420/410/Disdik-Das.2/I/2023 dikeluarkan pada 11 Januari 2023 belum lama ini. 

Dengan surat demikian, maka Disdik Tanbu secara resmi melarang siswa membawa lato-lato ke sekolah, dikarenakan bertujuan membuat para siswa lebih aman, nyaman dan lebih fokus dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. 

"Khusus penggunaan lato-lato untuk lingkungan sekolah tidak diperbolehkan karena dianggap mengganggu proses kegiatan belajar mengajar,” kata Kepala Disdik Tanbu, Eka Saprudin, saat dihubungi belum lama tadi. 

Diungkapkan, dengan dikeluarkannya Surat Edaran tentang pelarangan siswa membawa lato-lato ke sekolah, Kadisdik Tanbu itu berharap agar setiap orang tua siswa mengawasi anak-anaknya. 

Ia mengimbau kepada orang tua untuk mengawasi anaknya dan memastikan keamanan anak-anaknya dalam memainkan lato-lato agar tidak membahayakan diri sendiri dan orang lain. 

“Kami tetap menghimbau kepada orang tua untuk tetap mengawasi dan memantau terhadap anaknya,” kata Eka. 

Seperti diketahui, permainan tradisional saat ini tengah viral di media sosial, dan digemari sejumlah kalangan anak-anak maupun remaja di berbagai wilayah Indonesia. 

Permainan dengan memanfaatkan dua bandul ini, dimainkan dengan cara dibenturkan dengan berbagai cara. Dari lato-lato dimainkan, terdengar bunyi ‘tektek’ dari bandul dibenturkan dengan cepat. 

Meski lato-lato memiliki berbagai gaya bermain yang dapat dilakukan, tidak sedikit yang menyebut suara lato-lato dianggap berisik dan dinilai mengganggu konsentrasi. 

Bahkan dari berita yang muncul dari berbagai sumber dalam beberapa waktu terakhir, maraknya terjadi kecelakaan dan musibah yang diakibatkan dari permainan lato-lato. 

ags/ may
Tanah Bumbu
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya