Pasca Kebakaran di Mapolda Kalsel, Puslabfor Jatim Selidiki Penyebab Kebakaran

hallobanua.com, BANJARMASIN - Tim Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Jawa Timur (Jatim) didatangkan untuk melakukan penyelidikan, guna mencari penyebab kebakaran yang terjadi pada malam kemarin, Rabu (25/1/2023) di Mapolda Kalsel. 

Penyelidikan dilakukan Tim Puslabfor pada Kamis (26/1/2023) sekitar pukul 16.30 wita. Ada tiga orang yang melakukan penyelidikan tersebut bernama Kombes Pol Sodiq Pratomo, Kompol Handi, dan Kompol Agus. 

Direktur Ditreskrimum Polda Kalsel, Kombes Pol Hendri Budiman mengatakan untuk hasil penyelidikan secara tertulis, diperkirakan baru akan keluar dalam dua atau tiga hari setelah penyelidikan dan olah TKP. 

"Sementara dari hasil laporan tim forensik setidaknya ada gambaran dari mana asal muasal titik api," ungkapnya. Kamis (26/1/2023). 

Menurut Dir Reskrimum Polda Kalsel, bahwa dari hasil pemeriksaan sementara tadi malam oleh tim Polda diduga ada korsleting listrik. 

"Kebetulan dari personel Polda Kalsel juga ada yang memiliki sertifikasi terkait olah TKP perkara kebakaran. Untuk sementara kesimpulannya diduga karena ada korsleting listrik," ujarnya. 

Sementara itu, Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Pol Mochammad Rifai mengatakan berdasarkan olah TKP sementara Ditreskrimum Polda Kalsel bahwa kebakaran berawal dari sumber api yang muncul pertama kali dari plafon ruangan gedung Biro SDM. 

"Api dari plafon kemudian menyebar hingga menyebabkan atap dan plafon berjatuhan ke ruangan yang ada dibawahnya," ucap Kabid Humas Polda Kalsel. 

"Namun dari kebakaran tersebut tidak menghanguskan ruangan, hanya bagian atap plafon biro SDM yang terbakar," lanjutnya. 

Selain itu, ia juga mengungkapkan untuk dokumen-dokumen penting yang berada di gedung Biro SDM dalam keadaan aman. 

"Untuk administrasi dokumen dalam keadaan aman. Tidak ada masalah, tidak ada yang hilang atau terkena kebakaran. Sehingga kegiatan pelayanan masih bisa berjalan dengan baik," pungkasnya. 

Untuk diketahui sebelumnya, sijago merah berkobar di gedung Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Kalsel, pada Rabu (25/1/2023) malam, sekitar pukul 21.30 Wita. 

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut dan kobaran api dapat dijinakkan oleh Tim Emergency Gabungan bersama personel Polda Kalsel setelah kurang lebih 2 jam bahu membahu memadamkan. 

Kris/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya