Program Rekayasa Jiwa, Mudahkan ODGJ Buat e-KTP

hallobanua.com, BANJARMASIN - Seiring digulirkannya program Rekayasa Jiwa, yakni melakukan perekaman e-KTP kepada orang berkebutuhan khusus, ODGJ, lansia, dan orang yang sakit, dirasa cukup membantu masyarakat. 

Padalnya, dengan hadirnya petugas Disdukcapil Banjarmasin melakukan perekaman e-KTP, dirasa memudahkan warga yang tidak bisa datang langsung ke kecamatan, atau kantor Disdukcapil Banjarmasin mengurus e-KTP. 

Lurah Sungai Andai, Ahmad Dedy Fernady mengatakan, perekaman e-KTP dilakukan sesuai permintaan keluarga pihak terkait.
"Iya, kami Lurah Sungai Andai memfasilitasi warga yang melapor. Dan kami bekerja sama dengan disdukcapil untuk melalukan perekaman," ujarnya usai perekaman, Kamis (12/01/23). 

Menurutnya, perekaman data dilakukan agar pihak keluarga memiliki e-KTP dan dapat membawa yang bersangkutan untuk menjalani pengobatan. 

Benar saja, di kawasan Komplek Purnama Permai RT 60, Kelurahan Sungai Andai, Kecamatan Banjarmasin Utara tersebut, pihkanya melakukan perekaman terhadap warga yang mengalami ODGJ. 

"Karena biasanya, juga dicari berkas administrasi kedudukannya. Di sisi lain, itu juga diperlukan, agar warga yang bersangkutan bisa mendapatkan bantuan," ujarnya. 

Perekaman rupanya baru bisa menyasar 2 warga disana, yakni pertama, warga yang mengalami down syndrom, kedua yakni warga yang memiliki riwayat ODGJ kambuhan. 

"Sedangkan 4 orang lainnya, masih belum bisa disentuh. Lantaran dikhawatirkan bisa mengamuk," katanya. 

Lurah Sungai Andai itu pun meminta kepada setiap RT apabila ada warganya yang memerlukan perekaman e-KTP langsung di lokasi, agar melapor ke Kelurahan Sungai Andai. 

"Dengan syarat memiliki kebutuhan khusus seperti ODGJ dan lansia maupun tak memungkinkan, silakan lapor untuk kami fasilitasi," pungkasnya. 

Penulis : rian akhmad/may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya