Nilai Indeks SPBE Kota Banjarmasin Meningkat Signifikan

hallobanua.com, BANJARMASIN - Kota Banjarmasin meraih nilai tertinggi kabupaten/kota se-Kalimantan untuk hasil pemantauan dan evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) tahun 2022 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PANRB). 

Menyikapi hal tersebut, Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina mengucapkan syukur atas raihan yang diperoleh itu. 

"Syukur Alhamdulillah kota Banjarmasin mendapat nilai 3,31 demgan predikat Baik," kata H Ibnu Sina 

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kota Banjarmasin, Windiasti Kartika S.T, M.T turut mengucapkan rasa syukur atas diraihnya predikat Baik pada hasil pemantauan dan evaluasi SPBE tersebut. 

"Syukur Alhamdulillah di awal bulan Februari 2023 ini, Pemerintah Kota Banjarmasin memproleh berita yang sangat menggembirakan dengan kinerja kota Banjarmasin dalam mengelola sistem pemerintahan berbasis elektronik dengan predikat baik," kata Windiasti Kartika. 

Ia memaparkan, predikat tersebut tertuang dalam keputusan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PanRB) Republik Indonesia nomor 108 tahun 2023 tentang hasil pemantauan dan evaluasi sistem pemerintahan berbasis elektronik pada instansi pusat dan pemerintah daerah tahun 2023. 

"Dikeluarkan pada tanggal 31 Januari 2023 dan di tandatangani oleh MenpanRB, Bapak Abdullah Azwar Anas, yang menyebutkan hasil pemantauan SPBE untuk Kota Banjarmasin pada tahun 2022 sebesar 3,31 dengan kategori baik," paparnya. 

Windi melanjutkan, hasil tersebut adalah merupakan peningkatan yang sangat signifikan dibandingkan dengan hasil penilaian pemantauan SPBE pada tahun 2021 di Kota banjarmasin yaitu dengan capaian 2,48 atau kategori cukup. 

Menurut Windi juga akrab dengan awak media ini, penilaian SPBE merupakan amanat Peraturan Presiden Republik Indonesia nomor 95 tahun 2018, tentang sistem pemerintahan berbasis elektronik yang bertujuan untuk mengukur kemajuan dan meningkatkan kualitas penerapan SPBE pada instansi pusat dan pemerintah daerah. Serta meningkatkan kualitas pelayanan publik pada instansi pusat dan pemerintah daerah. 

"Untuk penilaian kota Banjarmasin, pada tahun 2022, penilaian dilaksanakan dibagi ke dalam 4 domain. Yaitu, domain kebijakan, domain tata kelola, domain manajemen dan domain layanan SPBE, untuk seluruh domain, nilai Kota Banjarmasin melebihi nilai rata-rata Nasional. Bahkan ada beberapa indikator di dalam domain itu, Nilai kota Banjarmasin berada dikategori sangat baik," ungkapnya. 

Meski demikian, Windi mengutarakan, terdapat beberapa aspek yang masih perlu peningkatan kedepannya, yaitu untuk audit TIK dan penerapan manajemen SPBE. 

"Selebihnya untuk layanan publik berbasis elektronik, layanan administrasi pemerintahan berbasis elektronik, penyelenggaraan SPBE, teknologi informasi dan komunikasi kota Banjarmasin memperoleh nilai yang sangat baik," jelasnya. 

Windi menambahkan, Pemerintah kota Banjarmasin tetap akan terus meningkatkan layanan kerja SPBE di Kota Banjarmasin terutama dalam hal layanan publik dan layanan pemerintahan berbasis elektronik kepada seluruh masyarakat dan warga Kota Banjarmasin. 

"Sehingga harapannya dengan peningkatan layanan ini otomatis nilai SPBE kota Banjarmasin juga akan semakin meningkat," tutupnya. 

Tim liputan/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya