Giatkan Panahan, Dispora Gelar Festival Panahan Pelajar Se Kalsel

hallobanua.com, BANJARMASIN - Memajukan olahraga panahan di banua, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalsel resmi menggelar Festival Panahan tingkat Pelajar Sekalimantan Selatan, di SKB Mulawarman, Jumat (10/3/2023) . 

Festival Panahan ditandai dengan bidikan pertama panah oleh Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor diwakili oleh Plt Asisten Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah Provinsi Kalsel, Subhan Noor Yaumil didampingi Kadispora Kalsel, Hermansyah dan Kabid Pembudayaan Olahraga, Budiono dan pejabat lainnya. 

Subhan Noor Yaumil mengatakan, festival panahan tingkat pelajar ini salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan dan memajukan olahraga panahan baik dalam pembinaan olaharaga sejak dini. 

"Dengan festival panahan Paman Birin Cup tingkat pelajar ini untuk menggali potensi dan bakat atlet sejak dini," kata Subhan. 

Subhan menuturkan, pemerintah mendukung upaya memajukan olahraga dengan pencarian bibit, pembinaan, pembenahan dan peningkatan sarana dan prasarana. Upaya tersebut diharapkab pula dalam melahirkan atlet-atlet handal berprestasi yang akan mengharumkan nama banua Kalsel. 

“Saya berharap, upaya kami ini juga dapat didukung oleh para atlet, mulai dari tingkat pelajar hingga dewasa, yaitu dengan bersungguh-sungguh berlatih, bekerja keras, dan disipilin,” ungkapnya. 

Sementara, Kepala Dispora Kalsel, Hermansyah mengatakan festival Panahan Paman Birin Cup tingkat Pelajar usia 18 Tahun se Kalimantan Selatan, di Lapangan SKB Mulawarman Banjarmasin digelar selama tiga hari mulai tanggal 10-12 Maret 2023. 

Para peserta merupakan pelajar yang mewakili masing- masing kabupaten/kota di Kalsel dengan jumlah total sebanyak 119 atlet penahan.  

“Mungkin saat ini tingkat pelajar, nanti tradisional, dan umum. Tapi tetap dalam rangka peningkatan dan pengembangan olahraga panahan di Kalsel,” ucapnya.

Kejuaraan terdiri dari tiga kategori yakni kategori Standar Bow, Recurve dan Compiund yang memperebutkan hadiah piala serta pembinaan total sebesar Rp30 jutaan. 

"Festival panahan seperti ini akan dilaksanakan tiap tahun dengan segmen yang berbeda-beda," tutup Hermansyah. 

Dya/ may
Kalsel
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya