Kenalkan Cara Menjelujur Sasirangan Kepada Anak Didik


hallobanua.com, BANJARMASIN - Tak hanya masyarakat umum, kegiatan menjelujur massal kain sasirangan dalam rangka Banjarmasin Sasirangan Festival (BSF) ke 7 juga diikuti ratusan siswa siswi SMP se Kota Banjarmasin. 

Tentu saja ajang tersebut sekaligus menjadi sarana belajar dan mengajar terkait muatan lokal sasirangan bagi guru serta siswa. 

Guru Kelas 9 SMPN 1 Banjarmasin, Titin Kurniati mengaku, di sekolahnya pun para siswa juga mendapatkan ilmu tentang kerajinan kain sasirangan. 

"Kita sudah ajarkan juga dengan anak didik kita disekolah," ungkapnya disela kegiatan Minggu (12/03/23). 


Ia mengaku senang dengan antusias anak didiknya saat mengikuti kegiatan menjelujur sasirangan. 

Di sekolah kata dia hanya memberikan pembelajaran teori terkait pembuatan sasirangan 

"Tapi kalau disini anak diajarkan langsung, karena anak-anak bosen juga kalau cuma diajarlan teori seperti menggambar pola dikertas dari pelajaran seni budaya itu," katanya. 

Titin pun berharap, dengan bekal atau ilmu yang diberikan dalam kegiatan tersebut, dapat menggugah semangat anak untuk terus melestarikan kain khas yang juga digunakan untuk pengobatan itu. 

"Sebenarnya anak senang membuat ini. Dan bahkan ada juga anak yang ingin menjadi perajin sasirangan. Tentu juga lebih memperkenalkan sasirangan kepada anak," pungkasnya. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya