Lampaui Target Transaksi di Gelaran BSF ke 7 Capai Rp 1,4 Miliar, Berkah Bagi Pelaku UMKM

hallobanua.com, BANJARMASIN - Tak hanya sukses dalam pelaksanaan BSF ke 7 tahun 2023, event tahunan itu juga membawa untung dan berkah bagi para pelaku UMKM di Banjarmasin. 

Pasalnya, selama 3 hari dilaksanakannya BSF jumlah transaksi keuangan selama kegiatan berlangsung capai hingga  Rp 1.447.900.000. 

"Target kita melampaui nilai transaksi BSF ke-6 tahun 2022 lalu," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Banjarmasin, Ichrom Muftezar, Senin (13/03/23). 

Ia pun bersyukur hasil itu melebihi dari target. Yakni transaksi terjadi sekitar Rp800 juta pada tahun lalu. 

"Sudah melampaui target. Meskipun sebenarnya target kita sebanyak-banyaknya," ujarnya. 

Akan tetapi, ia mengaku masih ada sejumlah kendala yang dihadapi selama pelaksanaan pameran BSF. Seperti batas waktu dan faktor cuaca. 

"Itupun sudah Alhamdulillah perputaran uangnya. Pesanan pakaian ke pengrajin juga kita hitung," paparnya.


Tal hanya itu, tingkat kunjungan pun ujar Tezar mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya, meskipun Ia mengaku tidak memiliki data pastinya.

"Tapi kita lihat dari transaksi saja sebesar itu artinya kunjungannya juga tinggi. Bahkan dari pengunjung dari mancanegara, seperti Italia dan Belgia," ujarnya. 

Untuk produk yang paling laku menurut Tezar, yakni jenis kain sasirangan produk UMKM. 

"Jenis kain produk UMKM yang paling banyak laku," pungkas Tezar. 

Diketahui, dalam pameran sasirangan itu disediakan sekitar 66 stand lebih untuk Industri Kecil Menengah (IKM). Rinciannya 16 untuk stand dekranasda 12 kabupaten/kota yang menampilkan kerajinan sasirangannya masing-masing dan satu dekranasda provinsi Kalsel. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya