Lomba Motif Sasirangan BSF ke 7, Wasilah Tegaskan Setiap Motif Akan Dapat HaKI

hallobanua.com, BANJARMASIN - Setidaknya ada 38 pengrajin dari muda hingga dewasa mengikuti lomba desain motif dalam rangka Banjarmasin Sasirangan Festival (BSF) ke 7. 

Dimana lomba desain motif terhadap kain khas Banjarmasin itu, sudah mulai dilaksanakan sejak Kamis (09/03/23) di Rumah Anno Banjarmasin, puluhan kain sasirangan berbagai motif, hiasi sekitaran Siring Pierre Tendean tersebut. 

Ketua Deskranasda Kota Banjarmasin, Siti Wasilah mengaku kagum dengan para pengrajin lokal yang telah berpartisipasi mengikuti lomba desain motif sasirangan dan berhasil menunjukan karyanya yang luar biasa. 

"Dari tahun ke tahun semakin banyak yang ikut. Kemudian kreasi-kreasinya luar biasa dan kualitasnya semakin bagus," ucap Wasilah. 

Dengan mengusung tema Kreasi Motif Sasirangan dengan Pesona Adat Banjar. Menurut Wasilah semua karya ditampilkan dalam lomba itu sangat menarik semua. 

Lomba desain motif sasirangan sendiri terbagi dua kelompok, pertama lomba desain motif sasirangan dengan menggunakan bahan pewarna tekstil dan kelompok kedua mengunakan bahan pewarna alami. 

"Mereka yang menang selalu kami beri kesempatan menyiapkan seragam bagi Pemko Banjarmasin. Baik untuk BSF yang akan datang maupun di Hari Jadi Kota Banjarmasin," ujarnya. 

Tidak hanya itu, pemenang akan berkesempatan mengikuti lomba desain motif sasirngan hingga di tingkat provinsi. 

Sebagaimana komitmen jajarannya selama ini, setiap motif yang ditampilkan dan diangkat  dalam lomba tahunan itu akan diperjuangan setiap motifnya mendapat Hak atas Kekayaan Intelektual (HaKI). 

"Itu akan menjadi kain-kain sasirangan motif khas Banjarmasin yang sudah dilindungi HaKI. Oleh karena itu, besok dalam forum diskusi pengrajin sasirangan kami menghadirkan Kemunkumham," pungkas Wasilah. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya