Pasar Wadai Ramadan, Cara Nikmati Ngabuburit Ala Warga Banjarmasin

hallobanua.com, BANJARMASIN - Tak hanya stand berjualan, kawasan Pasar Wadai Ramadhan 1444H Kota Banjarmasin di Siring Pierre Tendean juga menyediakan meja-meja  untuk pengunjung berbuka puasa. 

Di Siring Menara Pandang tentu memiliki tempat strategis karena berada di Bantaran Sungai Martapura yang membelah jantung Kota Banjarmasin. 

Masyarakat tentunya bisa bersantai sembari menunggu waktu berbuka puasa di Pasar Wadai. 

Tak hanya itu, Warga Kota Banjarmasin juga bisa menikmati wisata susur sungai yang menjadi ikon kebanggaan Kota berjuluk Seribu Sungai tersebut. 

"Tentu ini cocok untuk warga gasan basasambang (Ngabuburit), " ucap Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina beberapa waktu yang lalu. 

Basasambang sendiri adalah istilah yang sudah jarang terdengar dalam bahasa Banjar, Istilah ini berasal dari kata sambang-simambang yang bermakna menunggu langit warna jingga saat senja. Makna tersebut serupa dengan istilah ngabuburit. 

Lantas, apakah alasan Wali Kota Banjarmasin menyatakan tempat tersebut cocok untuk Basasambang? 

Ibnu bilang bahwa pasar Wadai Ramadhan di Kota Banjarmasin sudah berjalan sejak puluhan tahun silam dan kali ini perdana tepat berada disamping dermaga wisata susur sungai. 

"Jadi para pengunjung pasar Wadai sambil berbelanja menunggu waktu berbuka bisa sambil susur sungai menikmati pemandangan wajah Kota Banjarmasin, sambil juga sunset terbenamnya Matahari," katanya. 

Sementara itu, Kepala Bidang Pariwisata Disbudporapar, Fitriah mengungkapkan bagi para pengunjung Pasar Wadai Ramadhan 1444H Kota Banjarmasin yang beruntung akan mendapatkan merchandise branding Kota Banjarmasin. 

"Setiap hari dengan foto candid bisa di uplod di ig pribadi dan menyertakan hashtag IG resmi Disbudporapar," ujarnya. 

"Pemenang yang beruntung akan mendapatkan hadiah menarik dari kami, seperti kaos contohnya dan masih banyak hadiah lainnya," tuntas Fitri. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya