Pemko Banjarmasin Tindaklanjuti Rumah Tak Layak Huni

hallobanua.com, BANJARMASIN - Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina didampingi  Camat Banjarmasin Barat, Ibnu Sabil dan Lurah Telaga Biru, Enny Agustini berkunjung sekaligus memberikan bantuan ke rumah penyandang disabilitas di Banjarmasin pada Rabu (22/03/23). 

Bertempat di Jalan Barito Hilir, Kelurahan Telaga Biru, Kecamatan Banjarmasin Barat, Kegiatan turut dihadiri Dinas Sosial Kota Banjarmasin, Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LK2S) Kota Banjarmasin serta Relawan Damkar Kecamatan Banjarmasin Barat. 

Dalam kesempatan itu, Ibnu Sina ingin agar masyarakat ikut berpartisipasi melaporkan jika ada warga yang memerlukan bantuan. 

"Jika ingin membantu silahkan, tapi tolong jangan di eksploitasi dan membuat video seakan-akan tidak ada perhatian," ucap Ibnu Sina usai pasca menyalurkan bantuan. 

Diketahui, rumah tak layak huni itu dimiliki 4 bersaudara penyandang disabilitas di Jalan Trisakti. 

Lantas ujar Ibnu, jika hal seperti ini dilaporkan langsung, tentu penanganannya akan segera dilakukan. 

Apalagi kondisi rumah yang sudah dikatakan tidak layak dihuni karena kondisinya rusak parah. 

"Rumah akan ditindaklanjuti dan segeranya dimasukan dalam program pemerintah. Misalnya program perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu)," katanya. 

Selain itu, Ibnu meminta Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait untuk segera menangani sementara kerusakan pada rumah tersebut. 

"Kita akan tangani sampai selesai dengan baik. Apalagi tadi dari kelurahan secara administrasi dan silsilah waris karena memang sebelumnya terkendala itu," pungkasnya. 

Sementara itu, Camat Banjarmasin, Ibnu Sabil menuturkan bahwa sebelumnya viralnya kondisi rumah dari keluarga disabilitas itu sudah diusulkan untuk perbaikan. Akan tetapi saat proses pengusulan memang terhambat di surat keterangan hak waris. 

"Kami akan segera menangani itu bersama lurah setempat," katanya. 

Mengingat pengusulan perbaikan perlu proses, pihaknya melakukan perbaikan sementara dengan tambal sulam agar rumah lebih layak ditinggali dibandingkan kondisi sebelumnya. 

"Karena penanganan harus cepat jadi kita upayakan perbaikan sementara dengan bergotong royong bersama. Saya sampaikan terima kasih semua ikut berpartisipasi," tuntasnya. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya