PORTADA Kalsel Perdana Diikuti 900 Peserta


hallobanua.com, BANJARMASIN - Pekan Olahraga Tradisional Daerah (PORTADA) Kalimantan Selatan resmi dibuka di GOR Hasanuddin HM, Rabu sampai Sabtu (15-18 Maret 2023). 

Mempertandingkan lima induk olahraga tradisional yaitu Sumpitan, Enggrang, Balogo, Terompah Panjang dan Hadang yang memperebutkan puluhan juta rupiah. 

Even PORTADA perdana di Kalsel ini dibuka oleh Gubernur Kalimantan Selatan H.Sahbirin Noor melalui Plt. Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda prov Kalsel, Subhan Nor Yaumil. 

"Event ini sangat bagus karena even ini sebagai pelestarian permainan tradisional agar jangan sampai punah. Sekaligus juga mengedukasi kepada generasi-generasi muda untuk melestarikannya," papar Subhan. 

Ia mengatakan bahwa permainan ini seperti mengingat masa lalunya yang suka bermain logo dan lomba enggrang bersama teman-temannya. "Saya seperti bernostalgia dengan masa lalu selain itu untuk memajukan olahraga tradisional asli dari Kalsel, "katanya. 

Sementara itu, Kadispora Kalsel, Drs H Hermansyah, M.M, mengatakan animo masyarakat di Kalsel yang mengikuti event ini luar biasa dengan total 900 peserta. 

"Melihat animo masyarakat kita berbangga. Nanti kita akan seleksi para pegiat-pegiat olahraga untuk diikutkan ke ajang nasional," jelasnya. 

Kegiatan ini lanjutnya juga diharapkan menjadi tahapan para atlet untuk berprestasi membawa nama harum Kalsel pada Pekan Olahraga Tradisional tingkat Nasional (Potradnas).  

Dya/ may
Kalsel
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya