Prakiraan Cuaca Ekstrim, BPBD Himbau Warga Kurangi Aktifitas Diluar

hallobanua.com, BANJARMASI - Himbauan dan informasi terkait cuaca ekstrim kembali dikeluarkan Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBPD) Kota Banjarmasin pada Minggu (19/03/23). 

Bukan tanpa alasan hal itu karena cuaca ekstrim  yang melanda wilayah di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), khususnya Kota Banjarmasin serta kejadian Bencana Banjir dibeberapa Daerah di Kalsel. 

BPBD Banjarmasin pun berharap warga Kota Seribu Sungai terus meningkatkan kewaspadaan. 

"Yakni dengan langkah-langkah seperti menyiapkan tas siaga bencana yang memuat berkas penting dan benda berharga lainnya serta keperluan darurat," ungkap Jajaran BPBD melalui siaran pers, Minggu (19/03/23). 

Selain itu, pihaknya menghimbau agar warga menghindari atau mengurangi aktivitas di luar. Baik berkendara di jalan raya atau pekerjaan di laut atau muara. 

"Ketika diperjalanan mengalami hujan atau angin kencang agar segera berlindung ketempat yang aman, jangan berlindung di bawah reklame atau pohon karena rawan tumbang dan petir," jelasnya. 

Kemudian yakni hindari jalan yang rawan Banjir/Banjir ROB (air pasang) dan selalu update prakiraan cuaca. 

"Bersama giatkan gotong-royong untuk meningkatkan kebersihan lingkungan. Bersihkan parit, selokan, anak sungai agar aliran air lancar untuk mencegah genangan air/banjir," pungkasnya. 

Terakhir, apabila ada pohon tumbang atau memerlukan bantuan evakuasi darurat bencana lainnya di wilayah Kota Banjarmasin, segera menghubungi BPBD Kota Banjarmasin melalui call center darurat di 0851-8689-1117. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya