Selesai Dibangun, Ibnu Sina Resmikan Museum Kayuh Baimbai Kota Banjarmasin

 
hallobanua.com, BANJARMASIN - Akhirnya museum milik Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin telah selesai dibangun. 

Pemko Banjarmasin membangun museum di kawasan Muara Kelayan, Kecamatan Banjarmasin Selatan sejak tanggal 27 Juni 2022 lalu. 

Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina pun resmi 'mentasmiyah' bangunan tersebut dengan nama 'Museum Kayuh Baimbai Kota Banjarmasin'. 

"Hari ini kita resmikan namanya Museum Kayuh Baimbai Kota Banjarmasin, yang berisikan tentang sejarah kota," ungkapnya usai peresmian, Rabu (08/03/23). 

Sempat meninjau ke dalam bangunan berdesain rumah Palimbangan itu, lantas Ibnu pun berharap nantinya museum ini menjadi sarana edukasi untuk masyarakat Kota Seribu Sungai. 

"Nantinya jadi pengetahuan untuk anak cucu kita tentang bagaimana usia Banjarmasin yang hampir 5 abad ini, sejarahnya harus kita rawat dan jaga," jelasnya. 

"Dan mudah-mudahan museum ini menjadi wujud kebanggaan kita karena sebuah kota yang punya peradaban dan sejarah, itu tersimpannya di museum," sambung Ibnu. 

Sementara itu, Kepala Dinas Budaya Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Banjarmasin Iwan Fitriadi mengungkapkan, museum bakal diisi dengan koleksi benda-benda peninggalan sejarah serta dokumen igital Sejarah Banjarmasin. 

"Tahapan berikutnya pasti kita pikirkan siapa yang mengurus seperti kepala museum, admin, kurator dan lainnya. Beriringan untuk kelenglapan koleksi dan reguler Insya Allah dilengkapi tahun ini," pungkas Iwan. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya