Banjir Rob Meluas Di Banjarmasin, PUPR Bakal Lakukan Kajian Ke BMKG

     Banjir rob melanda kawasan Jl. Lambung
Mangkurat pada Jumat (14/04/23).

hallobanua.com, BANJARMASIN - Permasalahan pasang air atau banjir rob masih kembali menggenangi sejumlah wilayah Banjarmasin.

Dari pantauan hallobanua.com, Jumat (14/04/23) banjir rob menggenang sejumlah kawasan seperti di Jalan Lambung Mangkurat, Kecamatan Banjarmasin Tengah.

Namun diketahui, banjir rob di Kota Baiman ini sudah terjadi sejak Kamis (13/04/23) kemarin dan diprediksi berlangsung hingga Senin (17/04/23) mendatang.

"Ketinggian air pasang sekitar 2,4 meter," ucap Kepala Bidang Sungai Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Banjarmasin, Hizbul Wathoni, Jumat (14/04/23).

Thoni bilang, adapun beberapa daerah yang terdampak yakni daerah pinggiran sungai di wilayah Banjarmasin Barat dan Selatan.

"Daerah yang berdekatan sungai Barito dan sebagian sungai Martapura. Seperti jalan Cendrawasih dan Jafri Zam-Zam," bebernya.

Tak hanya itu, ia pun mengakui bahwa intensitas banjir rob di Banjarmasin saat ini lebih sering dibanding tahun-tahun sebelumnya. Hal itu dibuktikan dengan rob terjadi hampir tiap bulan.

Bahkan dalam 1 bulan, banjir rob bisa terjadi beberapa kali dengan ketinggian air pasang sampai maksimal.

"Kita juga tidak mengetahui penyebab kondisi ini. Entah ada perubahan atau di daerah hulu juga tidak bisa menyangga lagi. Kita akan mengkaji dan mencari tahu ke BMKG," tuturnya.

Ia pun tak menampik jika dampak banjir rob di Kota Seribu Sungai meluas. Pasalnya wilayah yang biasa tidak tergenang, sekarang menjadi tergenang. 

"Misalnya di daerah S. Parman. Dulu cuma di depan Rumah Sakit Islam, sekarang daerah seberangnya juga terendam," paparnya.

Lalu, bagaimana pengaruhnya dengan program normalisasi sungai atau pengerukan drainase yang selama ini dilakukan? Ia pun mengklaim, bahwa kegiatan itu cukup memberikan pengaruh. Setidaknya mempercepat surut air yang naik ke permukaan jalan

"Normalisasi sungai juga menambah daya tampung. Paling tidak bisa bisa jadi penyangga agae rob tidak meluas," tuntasnya.

Penulis : rian akhmad/rian
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya