Lancarkan Akses Jalan Warga, PUPR Segera Bangun Jembatan Tembus Mantuil

hallobanua.com, BANJARMASIN - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Banjarmasin bakal melaksanakan pembangunan Jembatan Tembus Mantuil pada tahun 2023 ini. 

Diketahui, jembatan tersebut bakal dibangun di Jl. Tembus Mantuil, Kelurahan Kelayan Selatan, Kecamatan Banjarmasin Selatan.

Menggantikan jembatan kayu yang sebelumnya berada di kawasan tersebut.

Kepala PUPR Kota Banjarmasin, Suri Sudarmadiyah menerangkan, pembangunan jembatan Tembus Mantuil saat ini masih menunggu untuk pemenang lelangnya.

"Mungkin sesegeranya juga akan dikaji ulang, rencananya di akhir Mei atau di awal Juni bisa segera terkontrak," ucapnya, Sabtu (29/04/23).

Wanita sering disapa Yayah itu juga menjelaskan, untuk proses pembebasan lahan disekitar kawasan pembangunan saat ini telah selesai untuk tahap pertamanya.

"Jadi kepada masyarakat yang sudah menerima pembayaran, untuk segera melakukan pembersihan mandiri agar tidak ada yang dirugikan karna pembayaran kepada mereka telah di berikan," ujarnya.

Kemudian untuk tahap kedua dari pembebasan lahan, ia mengatakan akan masukan dalam APBD perubahan nanti.

Kadis PUPR itu bilang, dalam proses pembebasan ini tidak ada kendala yang memberatkan. Karena melihat memang akses jembatan dan jalan sangat dibutuhkan oleh masyarakat sekitar.

"Insyaallah masyarakat akan menerima, sepanjang juga nilai apraisal tanah bisa mengakomodir beberapa indikator kepemilikan agar tidak ada yang dirugikan," pungkasnya.

Dimana sebelumnya, proyek pembangunan Jembatan Tembus Mantuil ini akan dilakukan pembebasan pada area yang diperkirakan sepanjang 325 meter, meliputi beberapa jalan dan komplek perumahan warga.

Dengan anggaran untuk pembebasan sendiri diperkirakan mecapai Rp 20 miliar , dan anggaran pembangunan jembatan sebesar Rp15 miliar bersumber dari APBD tahun 2023.

Penulis : rian akhmad/rian
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya