Momen Bagarakan Sahur, Pemko Dan Polresta Banjarmasin Pinta Tak Buat Bising Dan Gaduh


 

hallobanua.com, BANJARMASIN - Baru-baru ini terjadi tindak kriminalitas pengeroyokan terhadap seorang warga di kawasan Jalan Pangeran Hidayatullah Kelurahan Banua Anyar, pada Minggu (09/4/23) dini hari kemarin, oleh sekelompok pemuda saat membangunkan orang sahur. 

Diketahui, tindak penganiyayaan itu terjadi lantaran adanya kegiatan begarakan sahur keliling yang dilakukan sekelompok pemuda yang membuat sekelompok warga Benua Anyar sempat menegur rombongan begarakan sahur tersebut. 

Entah karena apa, terjadilah pengeroyokan yang dilakukan 5 orang terhadap pria berinisal T. Satu diantaranya sempat melakukan pembacokan hingga mengenai kepala korban sampai mengalami luka. 

Menyikapi hal tersebut, Pemko Banjarmasin pun angkat bicara melalui Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin Ikhsan Budiman. 

Menurutnya, membangunkan orang sahur di bulan ramadan merupakan niat yang baik. Namun, juga harus dibarengi dengan prilaku dan niat yang baik. 

"Jadi jangan juga begarakannya terlalu dini seperti jam 1 atau jam 2 malam. Terlalu diniz" ungkap Ikhsan. 

Tak hanya itu, penggunaan perangkat untuk membangunkan orang sahur kata Ikhsan juga menjadi perhatian bagi seluruh masyarakat. 

"Kalau dulu kita mengenal pakai dauh, sekarang kan sudah pakai perangkat soundsystem. Jadi sewajarnya lah jangan membuat bising dan gaduh. Karena masih ada orang yang beristirahat pada jam itu, seperti sahabat kita yang non muslim," ujarnya. 

Sehingga menurutnya, rasa saling menghormati saat kegiatan begarakan sahur itu sangatlah penting, agar orang merasa tidak terganggu. 

Terakhir, Ikhsan pun menghimbau masyarakat yang melaksanakan begarakan sahur, seyogyanya di lingkungan sekitarnya saja. 

"Tidak perlu sampai ke kampung orang atau jauh-jauh. Karena kita tidak tahu jika di lingkungan lain bisa menerima apa tidak kegiatan kita itu," pungkasnya. 

Sebelumnya diketahui, Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol Sabana Atmojo juga secara tegas melarang masyarakat untuk melakukan begarakan sahur keliling dengan membuat kebisingan dan mengganggu masyarakat lain. 

“Jangan coba-coba buat onar dan mengganggu Kamtibmas di Banjarmasin. Saya pastikan kami tidak akan segan melakukan tindakan tegas dan proses kepada mereka yang membuat pelanggaran,” tuntasnya.  

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya