Nikmati Momen Lebaran, BPBD Tetap Himbau Warga Waspada Banjir Rob

hallobanua.com, BANJARMASIN - 5 Kecamatan di Kota Banjarmasin diprediksi terdampak air pasang/ROB.

Di momen mudik lebaran ini pun, pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin menghimbau warga untuk waspada. Khususnya yang bermukim dibantaran sungai atau berdekatan dengan sungai.

"Diperkirakan genangan air pasang lebih tinggi dari biasanya," tulis BPBD Banjarmasin bersama Pusat Pengendali Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops_PB) dalam siaran persnya.

Perkiraan Air Pasang tertinggi yakni mulai pada hari Senin (24/04/23) ini sampai 30 April 2023 mendatang.

"Ketinggian kenaikan air sungai akibat kenaikan air laut MDPL (Meter Diatas Permukaan Laut) bervariasi dipengaruhi durasi air pasang, arah angin, hujan lokal, dan volume air kiriman dari hulu bagian sungai,"paparnya.

Jajaran BPBD Banjarmasin pung menghimbau, bagi warga yang berada di daerah rawa. Air pasang/ROB agar selalu waspada dan siaga dengan kenaikan air sungai.

Kemudian yakni menyiapkan tas siaga bencana yang memuat berkas penting dan benda berharga lainnya serta kepeluan darurat.

Mengamankan barang beharga dan berpotensi menimbulkan bahaya seperti aliran kabel listrik ketempat lebih tinggi dan aman.

Selanjutnya yakni lebih meningkatkan kewaspadaan hewan berbahaya seperti reptile yang bisa masuk permukiman.

"Tentu juga menghindari atau mengurangi aktivitas di luar ketika air pasang. Seperti berkendara di wilayah tergenang/Pekerjaan di laut/muara) dan hindari jalan yang rawan banjir atau banjir ROB.

Tak hanya itu, pihaknya meminta seluruh warga giatkan gotong-royong untuk meningkatkan kebersihan lingkungan.

Sepertu membersihkan parit, selokan, anak sungai agar aliran air lancar  untuk mencegah genangan air/banjir.

"Apabila memerlukan bantuan evakuasi atau kedaruratan lainnya, segera menghubungi BPBD Kota Banjarmasin melalui call center darurat di 0851-8689-1117," pungkasnya.

Penulis : rian akhmad/rian
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya