Peduli Terhadap Penyintas Kanker Di Banjarmasin, YKI Banjarmasin Buka Sharing Session

hallobanua.com, BANJARMASIN - Dalam rangka peringatan HUT ke 46, Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Kota Banjarmasin berikan bantuan langsung terhadap penyintas kanker dan Relawan di Banjarmasin.

Tak hanya itu, disana YKI Banjarmasin turut mengundang para penyintas dan relawan untuk berbagi cerita dan pengalaman terhadap masyarakat.

Ketua YKI Kota Banjarmasin, Siti Wasilah mengatakan, hal itu dilakukan agar penanganan dan pencegahan sejak dini terhadap kanker bisa dipahami oleh masyarakat.

"Para penyintas bercerita bagaimana proses pengobatannya," ucapnya Wasilah saat kegiatan pada Minggu, (16/04/23) petang kemarin.

Benar saja, hal itu ujar Wasilah menjadikan pesan terhadap seluruh masyarakat untuk memeriksakan diri secara rutin.

Jika dari hasil pemeriksaan ada tanda yang mengarah ke penyakit mematikan itu, maka harus dilakukan pemeriksaan lanjutan untuk segera mendapatkan penanganan.

"Harus dilakukan tindakan pertama secara medis, untuk dilakukan pengobatan," tuturnya.

Menurutnya, jangan sampai tindakan secara medis terlambat diberikan, yang dapat memperparah kondisi bagi penderita.

Mengingat kata ia dalam 2 bulan terakhir pihaknya menangani para penderita kanker yang sudah dalam kondisi sangat memprihatinkan.

"Tentu kita tidak ingin ada bertambah lagi kasus yang sudah sangat parah karena keterlambatan," bebernya.

Untuk itu, pihaknya pun terus melakukan pendataan kasus kanker, dimana setiap 5 orang kasus baru maka ia bersama timnya akan mengunjungi untuk bisa ditindaklanjuti diberikan bantuan.

Termasuk juga jajaranya akan langsung membayarkan BPJS si penderita yang menunggak agar bisa dipergunakan untuk berobat.

"Kami terus berupaya untuk hadir dan membantu masyarakat dalam penanganan kanker," pungkas Wasilah. 

Diketahui, dalam kegiatan tersebut turut dihadiri Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina yang juga berkesempatan menyerahkan bingkisan kepada para penyintas dan relawan kanker di Kota Seribu Sungai.

Penulis : rian akhmad/rian
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya