Libur Dan Cuti Lebaran, Dinkes Banjarmasin Pastikan Pelayanan Kesehatan Tetap Dibuka

hallobanua.com, BANJARMASIN - Hari Raya Idul Fitri 1444 H tinggal menghitung hari. Tentunya akan ada libur dan cuti lebaran yang cukup panjang.

Namun terkait pelayanan kesehatan di Banjarmasin, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Banjarmasin Muhammahad Ramadhan mengaku, pihaknya akan tetap buka selama libur dan cuti lebaran 1444 hijriah.

Ramadhan memaparkan, untuk jadwal operasionalnya pun tetap normal. Yakni mulai dari pukul 08.00-14.30 Wita. 

Terkecuali pada 2 hari perayaan Idul Fitri, seluruh puskesmas di Banjarmasin tutup sementara waktu.

"Untuk pelayanan puskesmas hanya hari lebaran yang libur. Sedangkan cuti bersama sebelum atau sesudah lebaran tetap buka," kata Ramadhan pada Senin (17/04/23). 

Meski begitu, ia menghimbau agar masyarakat tak perlu khawatir. Pasalnya, sebagai gantinya, Tenaga Kesehatan (Nakes) dari Dinkes Banjarmasin akan ikut berjaga di posko-posko kesehatan selama lebaran.

Setidaknya ada 4 posko yang didirikan. Yaitu di Pos di jalan A. Yani KM 6, Pos Duta Mall, Pos Jembatan Merdeka dan Pos di Bundaran Kayutangi.

"Mulai hari Senin (17/04/23) ini sudah apel siaga untuk posko sampai cuti lebaran," paparnya.

Ia pun menjelaskan bahwa, siapa saja boleh melakukan pemeriksaan kesehatan di posko-posko yang telah disediakan.

"Siapapun boleh melakukan pemeriksaan. Termasuk pemudik yang melintas di Banjarmasin. Karen kita siapkan dokter dan perawat," tuturnya.

Begitu juga dengan layanan puskesmas, poned yang diperuntukan bagi ibu hamil, bersalin dan nifas akan tetap operasional 1 X 24 jam. Yakni di puskesmas Pekauman, Beruntung Raya dan Alalak Selatan.
 
"Untuk Puskesmas ini buka 24 jam, nakesnya berjaga dengan sistem shift," terangnya. 

Lebih jauh, Ramadhan pun menerangkan, penerapan jam kerja seperti ini dilakukan mengingat di Kota Banjarmasin ini cukup banyak rumah sakit yang bisa dijadikan rujukan.

"Ketika ada kejadian urgensi dari pasien di kediamannya nakes dari tim PSC juga masih memungkinkan untuk didatangi," pungkasnya.

Penulis : rian akhmad/rian
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya