Banjarmasin Raih WTP ke 10 Secara Berturut-turut

hallobanua.com, BANJARMASIN - Pemko Banjarmasin kembali meraih prestasi positif. Tahun ini, telah mendapatkan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang kesepuluh secara berturut-turut, atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK RI anggaran 2022 lalu. 

Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina mengatakan, capaian ini adalah sebuah prestasi yang patut dibanggakan. 

Bukan tanpa alasan, tidak banyak kota di Indonesia yang bisa meraih sepuluh kali WTP secara berturut-turut. 

"Ada sudah dapat beberapa kali, lalu terhenti kembali mulai dari awal lagi," ucap Ibnu belum lama tadi.
Ia pun berharap, ada dana insentif yang mengalir kepada Pemko Banjarmasin, sebagai bentuk reward atau penghargaan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Kalsel. 

"Dulunya dana insentif yang diberikan pemerintah pusat sebesar Rp10 Miliar, dan diperuntukan sesuai petunjuk teknis (juknis) yang berlaku," harapnya. 

Kemudian, Ibnu menambahkan capaian WTP memastikan atau mengartikan bahwa sajian laporan keuangan yang diserahkan pemko itu adalah wajar. 

"Dan tentu bisa dipertanggungjawabkan. Tidak ada kegiatan yang fiktif, tidak ada yang mengandung pidana atau kejahatan di situ," ujarnya. 

Andai pun dalam perjalanannya ada kekurangan volume misalnya dalam sebuah proyek pembangunan, maka menurut Ibnu tidak serta merta menjadi ranah pidana. 

Khususnya, apabila dalam rentang waktu 60 hari langsung dibayarkan alias disikapi oleh penyedia jasa. 

"Itu masih belum ranah pidana. Tapi sebaliknya, bila dalam 60 hari tidak diselesaikan, itu kemungkinan jadi pidana dan langsung dilempar ke aparat penegak hukum," pungkasnya. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya