Pemko Kembali Genjot Pokdarwis Kawasan Wisata Kuin Kecil

hallobanua.com, BANJARMASIN - Sempat vakum beberapa waktu, Pemko Banjarmasin berencana akan menghidupkan kembali Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di objek Wisata Alam Kuin Kecil, di Kelurahan Mantuil, RT. 14, Kecamatan Banjarmasin Selatan. 

Mendorong aktif kembali pokdarwis itu, digagas Disbudporapar Banjarmasin karena potensi disana yang cukup banyak. 

Pasalnya, Kuin Kecil tidak hanya menyajikan wisata alam berupa susur sungai, namun juga wisata bernuansa pedesaan. 

Diketahui sebelumnya, warga di kawasan Kuin Kecil bahu membahu menyulap kawasan Kuin Kacil dan menyediakan wahana mulai dari spot foto, gazebo untuk bersantai menikmati nuansa pedesaan dan lain sebagainya. 

Diketahui, pengelolaan kawasan tersebut, dikabarkan terkendala biaya. Meskipun di hari-hari tertentu, misalnya pada hari Minggu, masih ada wisatawan yang datang berkunjung. 

Kepala Bidang Pariwisata di Disbudporapar Banjarmasin, Fitriah mengatakan, untuk mendorong agar kawasan disana hidup kembali, pihaknya mengarahkan warga agar bisa mendapatkan CSR. 

"Pokdarwis di sana aktif, tapi sementara ini masih terkendala biaya. Jadi kita mengarahkan mereka kepada pihak-pihak yang bisa diajak kerja sama," ungkap Fitriah. 

Pasalnya, menurutnya dinasnya tidak bisa memberikan anggaran secara khusus kepada pengelola. 

Perempuan disapa Fitri itu pun berharap ke depannya wisata di kawasan tersebut juga memunculkan inovasi lain. Di samping para warga yang terus menawarkan kuliner khas banjar. 

"Misalnya, di sana itu khasnya kan ada buah nipah. Kami inginnya, buah nipah itu juga dibuat olahan lain. Tidak hanya bisa dikonsumsi langsung. Saat ini, kami melihat untuk inovasi ini terkendala sumber daya manusianya (SDM). Jadi saat ini memang memerlukan pemerintah untuk bisa masuk ke sana (menangani, red),"  pungkasnya. 

Hal itu ujarnya bertujuan tak lain agar kawasan itu bisa kembali menjadi pilihan bagi mastarakat yang hendak berwisata. 

Apalagi saat ini, Dishub Banjarmasin pembangunan selter air untuk memudahkan wisatawan yang hendak menjelajah kawasan Kuin Kacil. 

"Bila hendak berwisata ke kawasan tersebut, memang akan lebih memgasyikkan bila melintasi jalur sungai. Karena wisatawan bisa melihat atau menemui langsung kawasan rimba sungai yang ada di situ. Makanya dibantu dishub dengan pembangunan selter air," pungkasnya. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya