Bapemperda DPRD Kota Banjarmasin Gelar Uji Publik 3 Raperda

hallobanua.com, BANJARMASIN - Badan Pembentukan Peraturan Daerah DPRD Banjarmasin, menggelar Uji Publik untuk 3 buah Rancangan Peraturan Daerah tahun 2023, Rabu (8/5/2023). 

Ketua Bapemperda DPRD Banjarmasin, Darma Sri Handayani, mengatakan uji publik tersebut sebagai penyempurnaan pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Perda). 

Tiga raperda yang dibahas tersebut yaitu raperda tentang Ketenagakerjaan, kemudian Perubahan Atas Peraturan Daerah Kota Banjarmasin Nomor 12 Tahun 2016 Penyelenggara Kegiatan Usaha Hiburan dan Rekreasi, serta Pengelolaan Kekayaan Intelektual. 

Darma mengatakan, dalam pelaksanaan Uji Publik ini dilakukan dengan Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat (ULM). Dimana, sebelumnya sudah ada perjanjian kerjasama dengan DPRD Kota Banjarmasin, terkait pembuatan draf Raperda tersebut. 

"Kami ingin digelar Uji Publik dapat menerima saran dan masukan baik dari kalangan perguruan tinggi dan masyarakat setempat, agar memperkaya, dan juga memperdalam muatan dari tiga Raperda," ungkapnya. 

Sementara itu, Tim Pengkaji Dosen ULM Fakultas Hukum, Ahmad Fikri Hadin mengatakan, Uji Publik ini sangat penting digelar, dalam rangka memberikan hasil Peraturan Daerah yang benar-benar berkualitas. Sehingga, berkesesuaian dan tahap berikutnya bisa dilaksanakan, karena setiap revisi Perda haruslah secara normatif menyesuaikan perkembangan zaman. 

"Setiap Perda yang dihasilkan nantinya,  benar-benar bisa dilaksakanan dengan maksimal dan memberikan dampak positif bagi masyarakat," tutupnya. 

Kegiatan Uji Publik dibuka Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah DPRD Banjarmasin Darma Sri Handayani, didampingi Wakil dan Anggotanya. Dihadiri Perwakilan SKPD terkait yaitu Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Tenaga Kerja, Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga, serta Dinas Penanaman Model Perizinan Terpadu Satu Pintu. 

Menghadirkan Narasumber Ahmad Fikri Hadin Dosen ULM Fakultas Hukum, Darul Huda, Ilhamiannur dan Harliansyah dari LPPM ULM, diikuti sebagian kalangan perguruan tinggi dan masyarakat di Banjarmasin, bertempat di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Banjarmasin. 

Dya/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya