Ini Langkah Dinsos Kota Banjarmasin Antisipasi Warga Pendatang Baru

hallobanua.com, BANJARMASIN - Permintaan Wali Kota Banjarmasin agar seluruh RW dan RT di kota ini mendata dan mengamati warga pendatang baru, mengantisipasi bertambahnya angka pengangguran, direspon positif oleh Dinsos setempat. 

Kepala Dinsos Kota Banjarmasin, Dolly Syahbana menyebutkan ada beberapa upaya mengantisipasi bertambahnya pengangguran baru, yang disebabkan oleh warga pendatang pasca lebaran. 

Bagi warga pendatang yang tidak berdomisili di Banjarmasin nantinya akan didata oleh RT sampai kelurahan setempat agar dapat dikumpulkan oleh Dinsos. 

"Ini untuk mencounter agar kiranya Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) kita bertambah lagi," ujarnya Selasa (02/05/23) kemarin. 

Dilanjutkan Dolly, karena untuk memasukan kedalam DTKS, lebih mengusahakan untuk warga yang berdomisili di Banjarmasin meskipun kelahiran luar Kota. 

Ia mengkhawatirkan, jika para warga pendatang ke Banjarmasin ini bukannya untuk bekerja, namun malah menjadi orang yang terlantar di kota orang. 

"Kalau sampai terlantar kita memiliki kewajiban untuk mengembalikannya, namun jika mereka punya pekerjaan atau kerabat, kita hanya akan melakukan pendataan bersama dengan Dukcapil," ujarnya. 

Oleh sebab itu, sebagai langkah pencegahan terhadap pengangguran yang mengaku sebagai orang miskin agar bisa mendapatkan bantuan dari DTKS. 

Dolly menyebutkan disamping setelah selesainya Perda Kemiskinan, pihaknya saat ini juga akan menyiapkan Perwali untuk mengantisipasi warga yang mengaku miskin semakin merebak. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya