DLH Bakal Asuransikan dan Rawat Pohon di Banjarmasin

hallobanua.com, BANJARMASIN - Pemko Banjarmasin melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarmasin, berencana akan mengasuransikan pohon-pohon, untuk dapat memberikan santunan kepada warga yang terkena musibah akibat tertimpa pohon roboh. 

Kadis LH Kota Banjarmasin, Alive Yoesfah Love mengklaim, semua pohon milik Pemko itu secara rutin dilakukan pemeliharan dan perendahan. Setidaknya ada total 7.107 buah pohon milik pemko Banjarmasin. 

"Klasifikasinya diameter 5-90 sentimeter. Usianya antara enam bulan sampai puluhan tahun," ungkapnya.

"Termasuk pohon milik masyarakat jika diminta juga kita lakukan perendahan dan pemeliharaan," lanjutnya. 

Untuk pohon yang akan diasuransikan, kata Alive saat ini tengah berproses. 

"Saat ini masih terus berproses," tuturnya. 

Hal itu bertujuan untuk memberikan santunan kepada warga yang menjadi korban tertimpa pohon tumbang, termasuk kendaraan atau bangunan milik warga. Khususnya disaat cuaca ekstrim berlangsung. 

"Semoga bisa terealisasi di APBD Perubahan 2023. Sebelum Desember semoga ada kontrak dengan pihak asuransi. Insyallah setiap korban dibantu. Misalnya patah tulang atau korban meninggal dunia, semua ada hitungannya," pungkasnya. 

Sementara, Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina turut menyampaikan belasungkawa atas musibah menimpa seorang warga yang terkena musibah saat cuaca buruk yang terjadi Selasa sore kemarin. 

"Saya mengucapkan duka cita yang sedalam-dalamnya kepada korban. Pada saat itu terjadi angin ribut dan pohon tumbang," ucap Ibnu Sina, Rabu (03/05/23). 

Pucuk pimpinan Kota Baiman itu pun mengimbau masyarakat untuk berhati-hati selama cuaca ekstrim berlangsung.  

Apalagi saat musim pancaroba seperti sekarang, untuk selalu menjaga kesehatan tubuh. 

"Kemudian juga posisi matahari tepat di posisi khatulistiwa. Sehingga terjadi gelombang panas. Saya melihat di Banjarmasin sebagai dataran rendah juga terkena dampak perubahan global itu," bebernya. 

Tak hanya itu, Ibnu juga telah menginstruksikan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Banjarmasin untuk mengontrol pohon-pohon yang berpotensi tumbang saat cuaca ekstrim. 

"Harus dicermati lagi. Apakah harus dipangkas. Lalu beberapa pohon yang dipertahankan perlu diberikan penyangga," inginnya. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya