Pasca Covid-19, Dinkes Banjarmasin Kembali Gencarkan Imunisasi

  
hallobanua.com, BANJARMASIN - Imunisasi adalah bagian penting untuk penguatan terbentuknya keluarga yang sehat dan sejahtera. 

Karena dengan imunisasi dapat memberikan kekebalan spesifik bagi anak untuk menahan dari penyakit-penyakit yang dapat dicegah dengan Imunisasi. 

Di Banjarmasin sendiri, Dinas Kesehatan (Dinkes) Banjarmasin terus gencar melaksanakan imunisasi. 

Di momen Pekan Imunisasi Dunia, Kadinkes Banjarmasin, Muhammad Ramadhan mengajak masyarakat Kota Banjarmasin untuk bersama menciptakan generasi bangsa yang sehat dan produktif. 

"Memiliki anggota anak yang sehat selalu menjadi dambaan dan harapan para orang tua. Sebab dengan keluarga yang sehat kegembiraan dan kebahagiaan keluarga akan semakin lengkap," ungkap Ramadhan, Kamis (04/05/23). 

Hal ini pun kata dia menjadi perhatian besar pemerintah, sehingga upaya atau program mensejahterakan masyarakat melalui bidang kesehatan menjadi bagian prioritas pembangunan dengan pemberian imunisasi sebagai satu di antaranya. 

"Dari imunisasi yang diberikan diharapkan  timbul dan meningkatnya kekebalan tubuh terhadap penyakit yang dapat dicegah dengan  imunisasi yang dapat mencegah dampak fatal terserang penyakit," katanya.
Meski begitu, Ramadhan tak menampik masih ada tantangan untuk melaksanakannya. 

"Tidak selalu mudah diatasi termasuk soal izin dari orang tua atau keluarga yang biasanya khawatir karena belum memahami benar manfaat imunisasi," jelasnya. 

Oleh karena itu, pihaknya pun melakukan pertemuan lintas sektor dan program dengan melibatkan MUI, Dewan Kelurahan, Kemenag, tokoh masyarakat, penyuluh agama, Dinas Pendidikan, Tim Penggerak PKK , kader kesehatan puskesmas dan potensi lainnya. 

"Makanya, dalam hal ini jajaran kesehatan pun gencar melakukan sosialisasi berjenjang serta lintas sektor. Seperti merancang program imunisasi di sekolah," pungkasnya. 

Sementara itu, Yani salah satu ibu di Kelurahan Sungai Miai Kota Banjarmasin yang sempat tidak setuju pada program imunisasi. 

Akan tetapi dengan pengertian yang diberikan oleh petugas juga suaminya program imunisasi ia ikuti untuk anak-anaknya. 

"Awalnya Saya kurang setuju, karena khawatir pada dampak setelah imunisasi, saya khawatir anak saya panas dan rewel," kata Yani. 

Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin mencatat capaian Imunisasi Dasar Lengkap atau IDL tahun 2022  mencapai 87, 6 persen. 

Dua tahun terjadinya pandemi Covid-19 memberi pengaruh pada hasil capaian target dan menjadi tantangan untuk lebih menggencarkan program imunisasi. 

Di tahun 2023 target IDL nasional 2023 sebesar 100 persen. Dan ditahun ini pentingnya pemberian imunisasi diperingati mulai hari Kamis, 4 Mei hingga 11 Mei 2023. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya