Layanan Program Manuntung Kembali Diserbu Warga

hallobanua.com, BANJARMASIN - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Banjarmasin, kembali melakdanakan program Maurus Perizinan Usaha Langsung Tuntung (Manuntung). 

Kali ini, program dilaksanakan di Kecamatan Banjarmasin Utara dan dibuka langsung Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina didampingi Kepala DPMPTSP Banjarmasin, Ari Yani pada Kamis (04/05/23). 

Diketahui program Manuntung merupakan pemdampingan pemerintah untuk masyarakat untuk pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) untuk usaha perseorangan di Banjarmasin. 

"Tentu ini bisa memudahkan masyarakat untuk mendapatkan NIB secara Sistem Online Single Submission (OSS) atau Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko," kata Ibnu Sina. 

Tentunya, NIB ini ujar Ibnu bisa digunakan masyarakat untuk pengajuan pinjaman di Bank, agar bisa melakukan kegiatan usaha. 

"Seperti pinjaman, atau ikut program Wira Usaha Baru (WUB) di Banjarmasin," ujarnya. 

Pucuk pimpinan Kota Baiman itu pun berharap, masyarakat bisa menjalanlan usaha pasca Pandemi Covid-19 dengan baik. 

Sementara itu, Kepala DPMPTSP Banjarmasin, Ari Yani menuturkan, program Manuntung di Kecamatan Banjarmasin Utara merupakan program ke 5 yang di laksanakan oleh dinasnya. 

"Karena ini program inovasi dinas kita, melihat antusias masyarakat cukup tinggi, makanya kedepannya, tentu kita akan melaksanakan program ini terus berkesinambungan," tuturnya. 

Ia pun menargetkan, untuk penerbitan NIB hari ini di Kecamatan Banjarmasin Utara sekitar 100 buah. 

Program Manuntung ini merupakan pengembangan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko, Online Single Submission-Risk Bassed Approach (OSS-RBA) 

Melalui layanan ini  diharapkan dapat mempermudah menerbitkan Nomor Induk berusaha (NIB), atau identitas pelaku usaha yang diterbitkan oleh lembaga OSS untuk masyarakat. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya