Ini Rasa Syukur Warga Lihat Perkembangan Kawasan Mantuil

hallobanua.com, BANJARMASIN - Pengembangan kawasan Mantuil di Kecamatan Banjarmasin Selatan terus dilakukan Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin hingga saat ini. 

Bahkan, di era kepemimpinan Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina dan Wakilnya, Arifin Noor ini pun, pembangunan di kawasan pinggir kota Seribu Sungai itu terus digenjot. 

Benar saja, baru-baru ini sarana dan prasarana (Sarpras) di sektor kesehatan telah diresmikan langsung orang nomor 1 di Kota Baiman ini, yakni Puskesmas Mantuil pada Rabu (03/05/23) lalu. 

Lurah Mantuil, Normansyah  membeberkan, sebenarnya perkembangan pembangunan di kawasan Mantuil, telah dimulai sejak beberapa tahun yang lalu. 

Salah satunya yaitu diresmikannya jembatan ikonik di Banjarmasin Selatan yakni Jembatan Pulau Bromo pada 4 Januari 2021 lalu. 

"Itu memang sangat monumental. Tentunya jembatan tersebut bisa memudahkan akses warga kawasan Mantuil dan Pulau Bromo untuk menyeberang," ungkap Normansyah saat dibincangi hallobanua.com, Rabu (10/05/23). 

Tak hanya itu, lanjut ke tahun 2022 lalu ujarnya, setidaknya ada 12 item pembangunan di kawasan Mantuil.
Diantaranya pembangunan shelter sungai, pembangunan ratusan Jamban keluarga yang bertujuan untuk mencegah stunting di Kota Banjarmasin. 

"Tak hanya itu, tentu titian ulin di RT.11, 12, 13, dan 23, melalui program Forkot Kotaku serta pengaspalan jalan Jamaah menuju ke Kuin Kecil. Dan termasuk pembangunan lokasi wisata alam Kuin Kecil, beserta cor beton jalannya," bebernya. 

Ia pun membeberkan masih banyak pembangunan jalan titian baik kayu ulin sampai beton yang dibangun di kawasan Mantuil. 

Kemudian, di tahun 2023 ini, rencananya pemko Banjarmasin kembali gencar melakukan perkembangan sarpras di kawasan ujung selatan Kota Banjarmasin itu. 

Yakni pembangunan shelter air atau dermaga sungai oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Banjarmasin di kawasan Kuin Kecil, RT. 14. 

"Sudah rampung, tinggal memasang atap atau apa itu rencananya," ujar Normansyah. 

Tentu, dengan adanya dermaga sungai itu, otomatis bisa memudahkan aktivitas sungai di kawasan Kuin Kecil. 

"Misal seperti perahu atau kelotok warga itu, bisa singgah disana. Tentu sangat bermanfaat," tuturnya. 

Tak hanya itu, pada tahun 2023 ini juga kata dia, pemko akan mulai membangun titian di kawasan Pulau Bromo atau Jl. Teluk Ujung Benteng. 

"Informasi dari PUPR Banjarmasin saat ini masuk proses lelang untuk mengerjakan titian di 4 RT di Pulau Bromo," imbuhnya. 

Terakhir, Lurah Mantuil itu pun mengucapkan terima kasih kepada Pemko Banjarmasin, dengan adanya sarpras dan fasilitas yang mendukung peningkatan taraf kehidupan masyarakat di kawasan Mantuil tersebut. 

"Khusus untuk Mantuil ini memang luar biasa pembangunan kedepannya. Jadi kami warga Mantuil mengucapkan terima kasih kepada Pemko Banjarmasin khususnya bapak Ibnu Sina beserta Wakil, pak Arifin untuk pembangunan kawasan Mantuil yang sudah semarak beberapa tahun ini," tuntasnya. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya