Kalsel Tuan Rumah Pelaksanaan POMNAS ke 18 Tahun 2023, Rektor ULM : Target Kita 10 Besar

hallobanua.com, BANJARMASIN – Provinsi Kalimantan Selatan menjadi tuan rumah pelaksanaan Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) ke XVIII pada Oktober 2023 mendatang, ditandai dengan Soft Launching oleh Panitia POMNAS Kalsel 2023, Selasa petang (30/5/2023) di halaman Kantor Rektorat ULM Banjarmasin.

Soft Launhing POMNAS ke XVIII 2023 itu ditandai dengan pelepasan burung merpati ke udara oleh Gubernur Kalsel diwakili Kadispora Kalsel, dan Rektor ULM, Prof. Ahmad, mengaku bersyukur karena pemerintah telah memberikan kepercayaan kepada Provinsi Kalimantan Selatan untuk menjadi tuan rumah dilaksanakannya POMNAS tahun 2023.

“Alhamdulillah, kementrian pendidikan kebudayaan riset dan teknologi menunjuk Kalsel, dalam hal ini menugaskan ke ULM untuk menjadi host  POMNAS ke 18 tahun 2023. Dan, terimakasih juga kepada Pemprov Kalsel yang bersedia mendukung pelaksanaan POMNAS,” kata Rektor ULM, Selasa (30/5/2023).

Ia berharap diselenggarakannya POMNAS tahun 2023 di Kalsel ini, menjadi momentum sekaligus bagian strategi program pembangunan daerah Kalimantan Selatan juga menjadi momentum kebangkitan UMKM di Kalsel.

“Kehadiran seluruh peserta POMNAS diperkirakan sekitar sepuluh ribu orang hadir di Kalsel akan mendukung program pemerintah provinsi Kalsel yakni suskesnya tahun kunjungan Kalimantan Selatan tahun 2023,” terangnya.

Rektor ULM pun optimis dengan kolaborasi dan sinergi seluruh unsur penyelenggara, POMNAS ke 18 di Kalsel akan memberikan hasil terbaik.

“Target kita Kalsel masuk 10 besar dalam POMNAS tahun 2023 ini,” ujar Rektor ULM.

Sementara itu, Plt Kepala Pusat Prestasi Nasional juga diwakili Ketua Umum PP Bapomi, hendarman mengatakan POMNAS bukan hanya jadi acara ULM melainkan hajat semua pihak yang ada di Kalsel.

“Saya salut dengan gubernur Kalsel Sahbirin Noor yang akan mendukung penuh penyelenggaraan POMNAS, salah satunya membangun Gedung olahraga berstandar internasional,” katanya saat sesi talkshow di kegiatan soft launching POMNAS ke 18 tahun 2023 seraya didampingi sejumlah pembicara lainnya, termasuk Ketua panitia Pelaksana Rusmin juga Wakil Rektor III ULM.

Sementara itu, Gubernur Kalsel dalam hal ini diwakili oleh Kadispora Kalimantan Selatan, Drs H Hermansyah, MM, mengatakan telah menyiapkan pendanaan untuk kesuksesan penyelenggaraan POMNAS ke 18 di Bumi Lambung Mangkurat.

“Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan siap untuk mensuport pelaksanaan POMNAS di banua. Tentunya ini akan kita gawi bersama, dan Pemprov Kalsel pun akan mendukung baik dari segi pendanaan maupun kesiapan beberapa venue yang akan dijadikan sebagai sarana perlombaan,” kata Hermansyah, Selasa (30/5/2023).

Selain itu, pihaknya juga akan menyiapkan venue untuk 16 cabang olahraga. Dipastikan ujar Hermansyah, semua venue pertandingan berstandar nasional.

Sekadar diketahui, POMNAS ke 17 sebelumnya dilaksanakan di Kota Padang dengan 14 cabor yang dipertandingkan, yakni atletik, panjat tebing, renang, karate, gulat, taekwondo, tenis lapangan, kempo, catur, pencak silat, bridge, sepak takraw, futsal, bulutangkis, bola basket, dan bola pasir.

Sementara pelaksanaan POMNAS ke 18 di Kalimantan Selatan tuan rumah akan menambah 2 cabor dalam pelaksanaan pekan olahrag mahasiswa se Perguruan Tinggi se Indonesia.

Grand launching POMNAS ke 18 tahun 2023 di Kalimantan Selatan, rencananya akan dilaksanakan pada Juli 2023 nanti.

Tim liputan/ may
kalsel
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya