Pasca Status Kedaruratan Pandemi Dicabut Oleh WHO, Wali Kota Banjarmasin Tetap Pinta Masyarakat Budayakan PHBS

hallobanua.com, BANJARMASIN - Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina sambut baik kabar dicabutnya status siaga pandemi Covid-19 oleh organisasi kesehatan dunia WHO beberapa waktu lalu. 

Menurutnya, Indonesia khususnya Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Banjarmasin saat ini sudah siap transisi dari pandemi Covid-19 menuju endemi. 

"Ini merupakan informasi bagus bagi kita dan juga dunia, dengan dicabutnya status darurat pandemi ini, kita di Banjarmasin sendiri pun sudah melewati ini bersama-sama," ujarnya saat ditemui di Balaikota Banjarmasin, Selasa (09/05/23).

Kendati demikian, Ibnu tetap mengingatkan masih ada beberapa hal yang harus dipertahankan dari masa-masa pandemi itu sendiri. 

Seperti terus menjalankan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pasca pandemi ini. 

"Seperti saat sakit kita tetap pakai masker, kemudian kebiasaan mencuci tangan, serta kebiasaan menjaga kesehatan diri dengan PHBS," tuturnya. 

"Itu adalah pesan-pesan yang harus kita yang harus kita pertahankan, walaupun pandemi ini akan segera berakhir," sambungnya. 

Pucuk pimpinan Kota Baiman itu pun terus menekankan untuk program vaksinasi. 

Ia bilang, pihaknya tetap menganjurkan bagi mereka yang belum melakukan vaksinasi agar bisa segeranya bervaksin, karna program ini masih tetap berjalan hingga saat ini. 

"Karena jika ingin meningkatkan daya tahan tubuh, silakan lakukan vaksin," pintanya. 

Tak hanya itu, Ibnu juga menjelaskan, bahwa segala macam kegiatan maupun acara nantinya sudah tidak akan ada lagi pembatasan. 

Namun, tetap dianjurkan untuk disediakan tempat cuci tangan, serta protokol kesehatan lainnya. 

"Sebab ini merupakan hal-hal yang baik, suka tidak suka, maupun diperintahkan atau tidak itu harus tetap diteruskan karna merupakan kebiasaan yang baik," pungkasnya. 

Penulis : rian akhmad/ may
Kota bjm
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar

Hallobanua

Follow Instagram Kami Juga Ya